Dewan Usul Roro Batam-Karimun Dibuka


Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau asal Kabupaten Karimun, M Yusuf Sirat, mengusulkan kapal penyeberangan atau roro bantuan pusat yang akan beroperasi paling lambat akhir 2011, melayani rute Tanjung Balai Karimun ke Batam.

”Kurang efektif jika kapal roro bantuan pusat itu, hanya melayani rute Karimun-Tanjungpinang, sebaiknya juga berlayar menuju Batam,” katanya di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Menurut Yusuf Sirat, dengan dibukanya trayek Tanjung Balai Karimun-Batam diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Pulau Karimun Besar.

”Batam pusat pertumbuhan ekonomi Kepri. Jika trayek tersebut dibuka, kami optimistis pertumbuhan ekonomi Karimun lebih cepat, lagi pula keduanya sama-sama kawasan perdagangan bebas (free trade zone/FTZ),” katanya.

Pemerintah pusat melalui APBN 2011 telah menganggarkan dana pengadaan kapal roro untuk mempercepat akses transportasi di Kepri.

Kapal tersebut, direncanakan berlayar dari pelabuhan roro Parit Rampak, Kecamatan Meral, Karimun menuju pelabuhan Dompak, Tanjungpinang.

”Saya tidak ingat besar anggarannya, namun rutenya dari Karimun menuju ibukota provinsi, tapi lebih baik lagi jika ditambah Batam,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Karimun Cendra Nawazir, dalam satu kesempatan mengatakan, kapal roro tersebut hanya melayani jurusan Tanjungpinang tidak melalui Batam.

”Penumpang dan barang dari Batam tujuan Karimun bisa lewat Tanjungpinang. Namun, trayek tersebut belum final dan masih dalam pembahasan,” katanya.

Saat ini, Karimun memiliki satu kapal roro yang berlayar menuju Buton, Riau, dengan ditambahnya satu kapal lagi, pertumbuhan ekonomi di Kundur diharapkan tumbuh dengan pesat menyusul akan beroperasinya pelabuhan roro Selat Beliah, Kecamatan Kundur Barat.

Pelabuhan roro Selat Beliah akan difungsikan sejalan dengan beroperasinya kapal roro bantuan pusat untuk jurusan Tanjungpinang, kata dia.

Dikutip dari Kepri Antaranews

One response to this post.

  1. Posted by satriyabisniss on March 28, 2011 at 13:43

    Numpang promo ya gan..:D

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 Juta/MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.

    Buka http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: