Asal Usul Nama Tanjung Batu


Pelabuhan Tanjung Batu

Tanjung Batu merupakan ibukota Kecamatan Kundur. Nama Tanjung Batu sendiri bermula dari suatu tempat diujung pulau yang berupa sebuah tanjung, dan tanjung tersebut dipenuhi oleh hamparan batu besar dan tinggi. Sebagian masyarakat menyebut batu tersebut sebagai batu tungku, hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai seperti tungku.

Tempat ini pada jaman dahulu digunakan sebagai petunjuk bagi para pelaut untuk masuk ke pelabuhan yang terletak di tengah pulau. Jadi, tanjung yang dipenuhi dengan batu tersebut awalnya berfungsi sebagai navigasi pelayaran dari dan ke Pulau Kundur.

Saat ini batu-batu besar yang dulu kokoh sedikit demi sedikit hancur oleh pembakaran dan peleburan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan bahan bangunan. Karena banyaknya batu yang ada di tanjung inilah yang menjadikan nama tempat tersebut menjad Tanjung Batu. Kini Tanjung Batu merupakan ibukota Kecamatan Kundur yang sudah sangat pesat perkembangannya, dan batu-batu besar yang dulu terhampar sepanjang tanjung kini telah berubah menjadi kawasan perumahan penduduk dan perhotelan.

Sumber Buku Sejarah Daerah Kabupaten Karimun 3

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: