Wacana Kundur Menjadi Kabupaten Sendiri


Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pemuda Tempatan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menolak wacana Kecamatan Kundur dijadikan kabupaten karena belum dilengkapi sarana infrastruktur dan potensi pendapatan asli daerah yang memadai.

”Kami tidak setuju Kundur dimekarkan jadi kabupaten,” katanya Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Persatuan Pemuda Tempatan (Perpat) Karimun, Risdiyansyah, ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Senin.

Menurut Risdiyansyah, wacana untuk menjadikan Kabupaten Kundur hendaknya didasari kondisi nyata.

Sementara ini, perekonomian dan sarana infrastruktur Kundur belum mendukung untuk sebuah kabupaten baru, katanya.

”Denyut perdagangan di Tanjungbatu Kecamatan Kundur masih rendah, apalagi di kecamatan lain yang diusulkan bergabung dengan Kundur,” katanya.

Hal itu, menurut dia dapat dilihat dari arus masuk barang dan orang dari pelabuhan yang masih berkaitan dengan Tanjung Balai Karimun.

”Kami khawatir pemaksaan pemekaran Kundur justru akan menyengsarakan masyarakat,” katanya.

Dia menyarankan masyarakat Kundur sebaiknya mengusulkan peningkatan pembangunan ke Pemkab Karimun untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi serta melengkapi sarana infrastruktur jalan, pelabuhan dan lainnya.

Ia optimistis wacana tersebut akan terwujud jika seluruh instrumen pendukung sudah siap, serta didukung sumber pendapatan asli daerah yang layak.

“Kami belum melihat sumber PAD yang akan menopang Kundur jadi kabupaten selain penambangan. Sumber PAD jangan hanya bergantung pada pajak, tapi sektor riil,” ucapnya.

Menyikapi pembentukan tim formatur pemekaran Kundur, Risdiyansyah justru mewacanakan pembentukan Kota Tanjung Balai Karimun sebagai daerah otonom baru.

“Dari pada pemekaran Kundur, lebih baik membentuk daerah otonom Kota Tanjung Balai Karimun, sehingga Pemkab Karimun dapat memaksimalkan pembangunan di pulau-pulau, termasuk Kundur,” ucapnya.

Menurut dia, Tanjung Balai Karimun sangat layak dijadikan daerah otonom karena sebagai ibukota kabupaten, aktivitas perdagannya cukup tinggi.

”Wacana ini akan kami munculkan karena jika Kundur jadi kabupaten dikhawatirkan dapat mematikan kabupaten induk,” tuturnya. 

Wacana pemekaran Kundur kembali bergulir setelah Huzrin Hood, tokoh sentral perjuangan Provinsi Kepulauan Riau terpilih sebagai ketua formatur penyusunan panitia pemekaran di Tanjungbatu, Minggu (30/1).

dikutip dari http://kepri.antaranews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: