Banjir Kundur Mulai Surut


Banjir di empat desa Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau yang Senin (31/1) mencapai satu meter mulai surut dengan ketinggian air antara 40 hingga 50 centimeter  ketimbang  satu meter pada dua hari silam.

”Kami berharap hujan lebat tidak turun agar genangan tidak meninggi atau melebihi kemarin,” kata Kholik, koordinator posko pengungsi di Masjid Akbar, Desa Tanjungsari, Kecamatan Kundur ketika dikonfirmasi, Selasa.

Kholik mengatakan ketinggian air saat ini sekitar 60 centimeter, susut sekitar 40 hingga 50 centimeter dibandingkan dua hari lalu.

”Sedangkan di dalam rumah sedikit lebih rendah, sekitar 30 hingga 50 centimeter. Sebagian warga mulai membenahi dan menguras genangan air di dalam rumah,” katanya.

Rumah warga, lanjut dia, lantainya banyak yang retak digerus air.  Perabotan rumah tangga juga banyak yang rusak terendam air, seperti kasur, buku pelajaran sekolah, peralatan elektronik dan lainnya.

Genangan air juga meninggalkan lumpur di dalam rumah warga, kata dia.

”Meski banjir mulai surut, posko pengungsi tetap dibuka dan petugas tanggap darurat juga siaga untuk mengantisipasi meningkatnya debit air jika hujan lebat.

Puluhan personel TNI dan Polri juga dikerahkan untuk berjaga-jaga mengamankan pengungsi.

Komandan Distrik Militer 0317 Tanjung Balai Karimun Letkol (arh) I Gede Widiyana, mengatakan telah mengerahkan 30 personel di empat desa terkena banjir, yaitu Desa Tanjungsari, Tanjungsusup, Sungai Sebesi dan Sungai Ungar.

”Hujan lebat bisa saja terjadi dalam beberapa hari ke depan. Karena itu, kami belum akan menarik personel ke markas,” ucapnya.

Kapolres Karimun AKBP Benyamin Sapta mengerahkan personel Polres dan Polsek Kundur untuk mengamankan pengungsi berikut rumah dan harta benda dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

”Kami siap membantu mengamankan pengungsi,” kata Benyamin yang turut menyalurkan bantuan berupa 20 karton mie instan dan 20 karton air mineral untuk korban banjir.

Secara terpisah, Kepala Pos SAR Karimun Baden Manalu juga menyatakan siaga jika debit air kembali tinggi.

”Sesuai fungsi SAR, tugas kami adalah mengantisipasi situasi terburuk, salah satunya jika ketinggian air terus meningkat. Saat ini, air sudah mulai surut dan penanganannya masih dalam tugas dan fungsi Dinas Sosial,” ucapnya.

Bupati Nurdin Basirun usai meninjau posko pengungsi mengatakan segera menggelar rapat bersama seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk membahas kegiatan tanggap darurat pascabanjir.

”Kami bersyukur ketinggian air mulai surut dan mudah-mudahan tidak kembali meninggi. Fokus penanganan pascabanjir adalah mencegah munculnya penyakit atau membicarakan kemungkinan pemberian bantuan bagi petani yang gagal panen,” tuturnya.

Menurut dia, musibah banjir tersebut tergolong ringan dibandingkan bencana alam di beberapa daerah di Tanah Air. Namun, dia mengapresiasi kinerja petugas tanggap darurat yang sigap menangani para pengungsi.

Nurdin dalam kesempatan tersebut menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako, terdiri atas 10 kilogram beras, 1 kg gula pasir, 10 bungkus mie instan, 1 kg minyak goreng untuk satu kepala keluarga (KK).

Total keluarga yang menerima bantuan sebanyak 93 KK atau 309 jiwa di Tanjungsari dan 40 KK atau 100 jiwa di Tanjungsusup, Kelurahan Tanjungbatu Kota.

Waspada Penyakit

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Karimun Sensissiana mengatakan akan mewaspadai kemungkinan munculnya wabah penyakit pascabanjir, seperti diare atau muntaber.

”Petugas medis tetap kita tempatkan di posko pengungsian serta memantau kesehatan seluruh korban banjir,” katanya.

Menurut Sensissiana, wabah diare akibat kotoran yang ditinggalkan setelah banjir patut diwaspadai.

”Kami telah menyiapkan obat-obatan. Tim medis Puskesmas Kundur juga disiagakan,” ucapnya.

Dia juga berharap pengungsi memeriksa bantuan makanan yang disumbangkan warga agar tidak mengonsumsi barang kedaluwarsa.

dikutip dari http://kepri.antaranews.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: