KPU Karimun Yakin Sidang MK Tidak Berlanjut


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun yakin, Mahkamah Konstitusi (MK) tidak akan melanjutkan persidangan gugatan hasil pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Januari 2011 lalu. Pasalnya, gugatan yang dilayangkan calon bupati pasangan Doli Boniara-Muhammad Dali tidak memiliki alasan yang jelas. Mengingat, kedua calon ini tidak ikut bertarung alias gugur di masa pencalonan.

”Kami optimis, sidang gugatan hasil pemilukada Kabupaten Karimun di MK, tidak akan dilanjutkan. Karena tidak ada alasan atau dasar yang kuat untuk digugat hasil pemilukada lalu,” tegas Ketua KPU Karimun Zulfikri, Kamis (3/2) kemarin.

Sidang gugatan Doli-Dali sudah digelar Senin (31/2) lalu. Namun MK masih menunggu pekan depan untuk memutuskan kelanjutan sidang tersebut.

”Selama di MK, saya mendengar majelis hakim yang memimpin sidang gugatan sudah melakukan pleno. Tapi kita belum tahu apa keputusan pleno tersebut. Yang jelas, kami berkeyakinan kalau sidang tidak akan dilanjutkan,’’ terang Zulfikri.

Mengenai pembatalan atau pengguguran pencalonan kedua pasangan Doli-Dali saat penjaringan, Zulfikri menegaskan, KPU punya dasar. Kedua pasangan ini, tidak memiliki cukup suara atau presentase partai untuk bisa mengusungnya. Ditambah lagi, ada partai yang ganda dukungannya.

”Sesuai ketentuan pencalonan, maka pasangan ini tidak bisa mengikutinya alias gugur. Selanjutnya hanya dua pasangan yang ikut bertarung, yakni Nurdin-Rafiq dan Syamsuardi-Syuryaminsyah,’’ bebernya.

Dikatakan Zulfikri, selain mempertanyakan kenapa pasangan DD dicoret dari pencalonan, gugatan lain disampaikan pasangan tersebut tidak ada hubungannya dengan perselishan Pilbup. Yakni, meminta Kementerian Pendidikan Nasional melalui MK untuk membatalkan gelar kesarjanaan calon bupati incumbent. Jelas hal ini masalah pemilihan bupati.

Sesuai berita beberapa waktu lalu, pasangan DD yang dibatalkan untuk ikut mengajukan gugatan ke MK dengan 09/ PHPU.B-IX/ 2011. tertanggal 27 Januari 2011. Untuk melayani gugatan DD itu, KPU menyiapkan 10 pengacara mendampingi Kuasa hukum tetap KPU, Wiryanto SH.

dikutip dari batam pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: