30 Warga Karimun Tertipu Program Bedah Rumah


Tiga puluh orang warga RT 03/RW 01, Paya Manggis, Kelurahan Baran, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, tertipu jutaan rupiah oleh seseorang bernama Burhanuddin yang menawarkan program bedah rumah.

Ketua RT 03/RW 01 Kelurahan Baran, Iskandar, di Tanjung Balai Karimun, Senin, mengatakan, kasus tersebut terjadi pada pada Juni 2010.

“Ke-30 kepala keluarga tertipu setelah ditawari program bedah rumah oleh seseorang yang mengaku bernama Burhanuddin, dan menyatakan perwakilan PT Central Bangsa di Selatpanjang, Meranti, Riau,” katanya.

Jumlah uang yang dipungut Burhanuddin, jelas Iskandar, bervariasi mulai dari Rp50 ribu hingga Rp3 juta. Total uang yang diserahkan sekitar Rp7 juta. Sedangkan nilai program bedah rumah tersebut, lanjut dia, dijanjikan sebesar Rp100 juta.

“Katanya uang tersebut hanya pinjaman. Sedangkan program bedah rumah tidak dipungut biaya, jadi warga yang umumnya orang kecil percaya dengan kata-kata Burhanuddin itu,” kata dia.

Dia mengungkapkan, keyakinan warga bertambah besar karena pria tersebut mengaku telah mengurus persyaratan administrasi di kantor kelurahan, kecamatan dan kepolisian.

“Dia juga memperlihatkan foto-foto rumah yang telah direhabilitasi kepada warga,” katanya.

Selain warga, Iskandar juga mengaku telah menyerahkan uang sebesar Rp2,8 juta dan warga lainnya Muslim sebesar Rp3 juta dengan iming-imingi dijadikan sebagai pemborong program tersebut.

“Sampai sekarang, orang tersebut tidak muncul-muncul. Padahal, dia berjanji akan kembali ke Karimun pada Januari 2011,” kata dia.

Menurut dia, warga berencana akan melaporkan pria tersebut karena diduga melakukan penipuan.

Lurah Baran Ariwibowo Hadibroto mengaku tidak mengetahui program tersebut karena saat itu belum dilantik sebagai lurah.

“Saya dilantik jadi Lurah Baran pada Juli 2010. Saat saya tanyakan pada lurah yang lama juga mengatakan hal yang sama,” katanya.

Dikutip dari kepri.antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: