KPA Karimun Latih PSK Hindari HIV/AIDS


Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan melatih 20 orang pekerja seks komersial agar terhindar dari penularan penyakit HIV/AIDS.

“Mereka kami harapkan kelak dapat menyebarkan ilmu dan keterampilan dari Pelatihan Sebaya kepada 669 orang PSK di Pulau Karimun Besar,” ucap Sekretaris KPA Kabupaten Karimun, Erwan Muharuddin di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Lewat Pelatihan Sebaya pada Kamis (10/2), peserta diberi pembekalan bahwa sebagai PSK menempati urutan kelompok pertama yang rentan tertular HIV dan bila tidak berhati-hati juga menjadi jembatan penularan HIV ke populasi umum, katanya.

Erwan menuturkan, penularan HIV melalui transmisi seks menempati urutan pertama dan sejak beberapa waktu lalu telah menggantikan posisi penularan melalui jarum suntik.

“Inti dari dilaksanakannya pelatihan yang akan kami gelar adalah program penggunaan kondom hingga 100 persen di setiap lokalisasi langkah yang paling efektif menekan penularan HIV,” ujarnya.

Ia mengharapkan pascapelatihan itu, PSK bisa lebih memahami tentang risiko dan pencegahan penyakit menular sebagai konsekuensi dalam melayani pengguna.

“Setelah mereka memahami dengan baik, tentunya muncul kesadaran mereka tentang arti pentingnya kesehatan diri sehingga harus berupaya semaksimal mungkin mengajak dan membujuk pelanggannya untuk mengunakan kondom setiap kali ingin berhubungan intim,” tuturnya.

Tujuan utama Program Sebaya adalah penguatan para PSK selaku objek dan sekaligus subjek pencegahan dan antisipasi penularan HIV.

Akan tetapi, kata Erwan, program itu juga dilengkapi dengan modul peningkatan kesejahteraan PSK melalui tata cara pengorganisasian.
Dikutip dari kepri.antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: