Kumpulkan Rp 500 Demi Sekolah Anak


Suwardi, warga RT 01 RW 10, Kelurahan Tanjungbatu Kota, mungkin tidak familiar di tengah masyarakat Kecamatan Kundur. Tapi di mata anak-anak, terutama siswa sekolah taman kanak-kanak (TK) sampai siswa sekolah dasar (SD), nama Suwardi atau yang lebih disapa Lelek ini cukup akrab. Ini dikarenakan kehadirannya menjual aneka mainan anak-anak.

Untuk dapat bertemu Suwardi, tidak terlalu sulit, karena di setiap ada hiburan ataupun keramaian, dipastikan Suwardi ada. Dengan gerobak kecil di atas sepeda motor yang sudah tua, Suwardi meletakkan mainan yang jenisnya lebih dari 55 macam. Setiap mainan yang dijual, harganya bervariasi. Mulai dari Rp500 hingga Rp2 ribu.

”Uang hasil penjualan mainan ini, saya kumpulkan untuk membiayai sekolah anak,” ujarnya, kemarin.
Mainan ini disimpan dalam bungkusan plastik. Suwardi mengaku sudah berdagang mainan anak-anak sejak 1985. Itupun diawali dengan memanggul berjalan kaki.

“Saya berjualan mainan anak-anak lebih kurang 26 tahun. Dulu hanya jalan keliling dari sekolah ke sekolah berjalan kaki. Alhamdulillah, sekarang sudah ada gerobak,” paparnya.

Awal berdagang pun, Suwardi hanya memiliki 20 jenis mainan. Sekarang sudah lebih dari 55 macam mainan yang dijajakan. Semua mainan dikirim dari Pulau Jawa, karena harganya lumayan murah.

”Hasil penjualan setiap harinya tidak pasti. Kadang terkumpul Rp30 ribu sampai Rp50 ribu setiap harinya,” katanya.
Suwardi menyebutkan, anak sulungnya masih duduk di bangku SMA. Sedangkan anak keduanya duduk di bangku SMP. Dengan hasil pas-pasan Suwardi terus berusaha menyenangkan anak-anaknya.

”Karena untuk biaya pendidikan anak, makanya saya belum dapat pulang kampug ke Jawa Tengah untuk bertemu dengan orang tua dan saudaranya,” tutur Suwardi

Dikutip dari batam pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: