Uniquely Karimun Part 1


Bas

Inilah salah satu alat transportasi yang ada di Karimun. Namanya adalah “bas” dalam bahasa setempat yang diambil dari kata “bus”. Yang menarik dari alat transportasi ini adalah bentuknya yang sangat kuno.

Tidak seperti bus lainnya bas ini terbuat dari kayu dan mempunyai pintu dibagian belakang bus bukan disampingnya, hal unik lainnya adalah bentuknya yang seperti bemo namun berukuran lebih besar.

Bas ini saat ini masih dioperasikan di Karimun. Rute yang biasa dilalui bas ini adalah Meral-Pangke. Selain melayani penumpang, bas ini juga biasanya di carter oleh perusahan-perusahaan yang ada di Karimun untuk mengantar dan menjemput para karyawan mereka. Bas ini juga biasanya digunakan saat ada peringatan hari besar, seperti imlek, ramadhan, takbiran. Bas ini juga sering dipakai untuk mengantarkan jenazah ke kuburnya. Biasanya digunakan oleh masyarakat keturunan cina di Karimun.

Hal Lainnya yang menarik dari bas ini adalah cara menghentikan bas saat penumpang akan turun dari bas, yaitu dengan mengucapkan kata “break” yang artinya adalah rem atau istirahat dalam bahasa inggris, bukan dengan kata “kiri” atau “stop”.

One response to this post.

  1. Posted by hendrik hasiholan on June 6, 2011 at 01:21

    betul biar bas berenti teriak break.hahaha
    bas ini bagian dari sejarah kota karimun. posting lagi dong yang unik dari karimun
    my Hometown.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: