Pemkab Karimun Bertekad Perbaiki Kinerja


Kepala Bagian Urusan Pegawai Pemerintah Kabupaten Karimun, Firmansyah, mengatakan Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sejak awal 2011 sudah bertekad terus menerus memperbaiki kinerja.

“Tidak akan ada lagi toleransi terhadap PNS maupun honorer yang tidak disiplin, sanksi ringan hingga pemecatan telah menanti mereka yang tidak berupaya memperbaiki kinerja,” katanya di kantornya, Jumat.

Firmansyah menjelaskan perbaikan kinerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah menjadi tekad Bupati Karimun selaku atasan langsung hukum di Pemkab Karimun.

“Sebagai salah satu bukti perbaikan kinerja terus dilakukan, Senin (7/1) lalu, Sekretaris Daerah telah mewajibkan apel sore bagi seluruh aparatur di Pemkab Karimun,  hal itu bertujuan untuk memastikan aparatur tidak pulang lebih awal sebelum jam kerja selesai,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, inspeksi mendadak (Sidak) secara rutin terus digelar di setiap SKPD, tujuannya untuk mendeteksi para pegawai yang membolos saat jam kerja dan datang sekedar mengambil absen.

“Sebelumnya ada informasi dari masyarakat bahwa banyak pegawai yang duduk-duduk di warung kopi saat jam kerja, prilaku seperti itu sangat buruk karena berdampak pada terganggunya pelayanan publik,” katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan sebagai konsekuensi dari perbaikan kinerja itu, kemungkinan akan ada PNS dan tenaga honorer yang dipecat pada akhir 2011

“Tunggu saja informasi itu pada akhir tahun, itu merupakan salah satu konsekuensi dari perbaikan kinerja dan penegakan disiplin,” tuturnya.

Sebelumnya Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Karimun, Jamaluddin, mengakui sejak awal tahun, Bupati Karimun sudah mulai berbenah dan mengupayakan perbaikan kinerja SKPD mulai dari pimpinan hingga PNS dan tenaga honor.

“Selama ini tidak sedikit oknum tenaga honorer yang berperilaku melebihi PNS. Salah satu penyebabnya mungkin karena tidak adanya pembedaan warna pakaian antara PNS dengan tenaga honorer. Seharusnya mereka menyadari tidak peduli mereka direkrut atas rekomendasi siapa, yang jelas setelah mereka direkrut kerjanya membantu tugas PNS,” ucapnya

Dia juga mengakui bukti perbaikan kinerja lainnya, yakni telah dilakukannya rapat evaluasi dan pemantauan, namun perlu dicamkan bahwa masyarakat tidak butuh untuk mengetahui hasil rapat tersebut.

“Masyarakat hanya butuh bukti bahwa sejumlah “pelayan publik” mulai dari pimpinan SKPD, PNS maupun tenaga honor di Pemkab Karimun telah berubah sikap mentalnya yang selama ini masih sangat jauh dari harapan dan bobrok,” tuturnya.

Menurut dia, terkait buruknya kinerja hampir diseluruh SKPD maupun tenaga honor, masyarakat dapat menuding bahwa kinerja Bupati  Karimun selaku pimpinan tertinggi juga memiliki kinerja buruk, sebab perilaku dari aparatur mulai dari pimpinan SKPD, PNS dan tenaga honor di Pemkab Karimun merupakan cermin dari kinerja Bupati Karimun.

Berdasarkan pengamatan di Pemkab Karimun, intensititas sidak kesetiap SKPD harus lebih ditingkatkan, saat jam kerja masih ditemukan pegawai yang tidak berada ditempat, kalaupun ada mereka hanya sekedar bermain game online.

Menjelang apel sore dilakukan sejumlah aparatur Pemkab Karimun berbondong-bondong kembali ke kantor hanya sekedar untuk mengambil absen sore.

Dibanding tahun lalu arah perbaikan kinerja memang sudah terlihat, namun belum optimal.

Pada kesempatan itu Firmansyah juga menuturkan wacana membedakan warna baju tenaga honorer dengan PNS oleh DPRD Karimun sudah direspon oleh Pemkab Karimun.

“Bahkan wacana itu sudah kami konsultasikan dengan Kepala Inspektorat Pengawasan, namun pelaksanaannya belum bisa dilakukan karena pimpinan kami belum “satu kata”. Sebenarnya pembedaan warna baju sudah dilakukan di berbagai daerah lainnya dan memang ada dampak terhadap perbaikan kinerja tenaga honor,” ujarnya.

Dikutip dari Antara News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: