3 M Dialokasikan Oleh Pemprov Untuk Jamkesda


Keseriusan Pemerintah Provinsi Kepri dalam pengentasan kemiskinan mulai tampak.

Selain melalui program bedah rumah tak layak huni di kabupaten/kota, pengentasan kemiskinan juga diselaraskan dengan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) yakni pemberian dana miliaran rupiah.

Di Kabupaten Karimun misalnya, melalui Dinas Kesehatan, Pemprov mengucurkan dana segar sekitar Rp 2 miliar pada tahun 2011 ini untuk program Jamkesda.

“Jika dari pemkab (Karimun) Rp 1 miliar untuk jamkesda, kami tambah dari provinsi sebesar Rp 2 miliar jadi total tahun ini (2011, red) Rp 3 miliar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudhiana di Tanjungbalai Karimun, Jumat (11/2/2011).

Untuk itu, mantan Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Taman dan Kebersihan dan Dinas Kesehatan Karimun tersebut meminta masyarakat kurang mampu yang ada di Bumi Berazam agar dapat melengkapi diri dengan Surat Keterangan Tak Mampu (SKTM) dari pemerintah desa domisili setempat sebagai salah satu syarat masuk program Jamkesda tersebut.

“Selama ini sering warga kurang mampu yang tersendat-sendat pengurusan jamkesda nya, salah satunya disebabkan oleh ya itu tadi, mereka tidak memiliki surat SKTM,” terang Tjetjep Yudhiana.

Meski tidak menjelaskan jumlah masyarakat kurang mampu di Karimun yang telah masuk program Jamkesda namun Tjetjep mengindikasikan akan ada pendataan ulang.

“Iya, pasti akan ada pendataan ulang. Masyarakat kurang mampu yang belum masuk Jamkesda pada tahun-tahun sebelumnya kemungkinan akan didata lagi,” kata Tjetjep mengakhiri.

Untuk Karimun pengurusan Jamkesda berada di lantai 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau dekat kantin
Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: