Mahasiswa Kelas Jauh Asal Kundur Dilarang Kuliah


Mahasiswa kelas jauh di Kecamatan Kundur resah adanya surat edaran dari Kemeneterian Pendidikan Nasional Koordinasi Perguruan tinggi swasta  (kopertis) wilayah X. Yang terdiri dari Sumatra Utara, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau melarang pelaksanaan kelas jauh bagi universitas di luar Kopertis X.

Salah seorang mahasiswa kelas juah, Salbiah, A. Md kepada tribun,
Minggu (19/2), mengatakan. Ia menerima surat dari Kementerian Pendidikan  Nasional yang melarang pelaksanaan kelas jauh yang dilakukan oleh Perguruan  Tinggi Swasta.

“ Lembaga lain yang mengatasnamakan lembaga pendidikan diluar lingkup Kopertis  Wilayah X untuk tidak menjalankan pelaksanaan kelas jauh. Saat ini saya sudah  membayar separuh uang kuliah di Universitas Bung Tomo,” ungkap Salbiah kepada tribun.

Salbiah menambahkan, Universitas Bung Tomo tidak termasuk dalam Kopertis Wilayah X, terdiri dari Sumatra Utara, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Universitas Bung Tomo berada di wilyah Kopertis Pulau Jawa.

Salbiah menuturkan, saat ia membaca sudah dari kementerian Pendidikan Nasional kelas jauh dalam bentuk apapun dilarang pelaksanaannya, karena sangat bertentangan dengan peraturan pemerintah Nomor. 60 tahun 1999 pasal 57.

“Waktu masuk kuliah, saya dan rekan-rekan memang tidak mengetahui jika ada  pelarangan Universitas Kelas jauh tidak boleh mengajar di Kopertis Wilayah X.  Saya sudah membayar Rp 3 juta di Universiata Bung Tomo, jika Kopertis Wilayah X  melarang, saya dan rekan-rekan mahasiswa kelas jauh akan dirugikan akan hal ini”, tutur Salbiah.

Salbiah menuturkan lagi, Ia kuliah di Universitas Bung Tomo untuk mengambil  Strata I (S1) menempuh waktu sekitar satu tahun lebih. Dahulu pernah kuliah di salah satu Universitas Islam Riau (UIR) Diploma2.

Salbiah mengatakan, ia berani kuliah di Universitas ini mengambil S1 karena  Universitas ini sudah memiliki izin dari Pemerintah Kabupaten Karimun, ia dan rekan-renkanya yang lain berani kuliah di Universitas Bung Tomo ini.

Hal serupa juga di katakan Zaidi, Guru Sekolah Dasar salah satu di Kecamatan Kundur ini mengatakan. Jika memang surat edaran ini benar. Sejumlah mahasiswa yang masuk di Universitas Bung Tomo akan sangat dirugikan.

“Surat edaran yang saya baca dari Kementerian Pendidikan Nasional Kopertis Wilayah X melarang Universitas di luar wilayahnya untuk tidak melaksanakan kelas jauh. Sekarang sudah hampir dua semester kuliah di sini, sudah banyak uang saya terbuang,” kata Zaidi kepada tribun.

Ia menambahkan, jika ditutup ia meminta ganti rugi dari pihak penyelengara dan Universitas terkat. Isi dalam surat dari Kopertis Wilayah X melarang  melaksanakan kulai kelas jauh dan pelaksanaan Kuliah Sabtu-Minggu.

Namun, saat tribun meminta konformasi dengan Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan kundur belum bisa di konfirmasi. Beliau saat itu berada di luar Kundur.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: