Matahari Cincin Terlihat di Karimun


cincin

Cincin Matahari

Fenomena alam muncul di Karimun, Senin (21/2/2011), sekitar pukul 11:00 WIB. Fenomena alam itu adalah Halo Matahari yakni matahari terik yang membentuk cincin di sekelilingnya.

Akibatnya, warga pun berduyun-duyun keluar dari rumah mereka menyaksikan pemandangan matahari yang tak biasa itu. Mereka tampak antusias mengabadikan pemandangan langka itu dengan kamera dari telepon genggam mereka. Meski sinar matahari terik begitu menyengat, warga terkesan tak peduli.

Bahkan diantara mereka ada yang mengeluh dikarenakan kamera telpon genggam mereka tidak berhasil mengabadikan pemandangan alam itu dengan baik.

Pemandangan alam itu terjadi lebih kurang 30 menit. Juniver, seorang warga Tanjungbalai Karimun mengatakan awalnya ia mengangap biasa penampakan itu. Dan saat rekannya mengatakan itu adalah fenomena Halo Matahari, baru Jun, panggilan Juniver mengabadikan fenomena itu dengan kameranya.

“Awalnya saya biasa saja melihat fenomena itu. Saya pikir itu mungkin efek dari teriknya sinar matahari di Karimun saat itu. Tapi saat kawan saya mengatakan itu adalah fenomena Halo Matahari, baru lah saya sibuk mencoba mengabadikannya,” ujar Juniver tersipu malu.

Hal berbeda dikatakan Tini, seorang warga Tanjungbalai Karimun lainnya. Dalam layanan pesan singkat elektronik (sms) yang dikirimkan ke Tribun, Tini mengaku matahari kelihatan aneh saat ini. Bahkan Tini menduga keanehan lain akan muncul.

“Coba lihat matahari, kelihatan aneh. Perasaan saya tidak enak, jangan-jangan ada apa-apa ni,” ujar Tini curiga.

Berdasarkan penelusuran Tribun di jaringan internet menjelaskan fenomena Halo Matahari terjadi karena pembiasan kristal es yang berada di sekitar Matahari yang membentuk semacam pelangi. Dan biasanya terjadi selama 30 menit, tergantung kecepatan angin. Ketika cepat, fenomena itu cepat selesai, kalau hembusan angin stabil dapat berlangsung lama,” kata dia.

Terkait hubungannya dengan petanda bencana, berdasarkan penelusuran di internet menegaskan, tidak. Itu mengingat fenomena Halo Matahari hanya lah fenomena alam biasa.

Dikutip dari Tribun batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: