Jajaran Dekan di Universitas Karimun Mengundurkan diri


Empat dekan dan tiga kepala biro di Universitas Karimun (UK), menyatakan mundur dari jabatannya, Senin (21/2). Pengunduran ini, menyusul tidak dibenarkan pegawai struktural di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Karimun merangkap jabatan di UK, sesuai edaran Sekretaris Daerah (Sekda).

Empat dekan yang mundur yakni Dekan Fakultas Teknik Drs Mhd Dali MM, Dekan Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) H Amjon MPd, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Suciwati, dan Dekan Fakultas Perikanan Ir Hazmi Yuliansyah MSi. Sementara tiga kepala biro yang mengundurkan yakni Kabiro Umum Irwanto, Kabiro Keuangan Abdullah, dan Kabiro Humas Helmi.

Pernyataaan pengunduran diri disampaikan dalam hearing dengan Komisi A DPRD Karimun, kemarin. Meski menyandang sebagai dekan, tapi mereka belum mendapatkan gaji beberapa bulan belakangan. Hal ini disampaikan Amjon MPd.

”Kami belum menerima gaji beberapa bulan ini. Tapi karena peraturannya tidak bolah merangkap jabatan, kami siap mundur. Kalaupun sewaktu-waktu dibutuhkan lagi, kami siap kembali menjabat di UK. Karena kami ingin mengabdikan ilmu untuk masyarakat Kabupaten Karimun,” tegas Amjon.

Hal senada juga disampaikan Irwanto. ”Sejak awal berdirinya UK, saya sudah berniat ingin berbuat yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan Karimun,” tegasnya.

Sektretaris Komisi A DPRD Karimun Drs H Anwar Abu Bakar MSi meminta, rektor secepatnya bertindak dan menyiapkan pengganti pasca pengunduran diri empat dekan dan tiga kabiro UK ini.

”Penggantinya tentu harus yang paham dan mengerti tentang universitas atau sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Karena ini menyangkut kemajuan UK di masa datang,” terangnya.

Di sisi lain, Anwar juga berharap ada pembenahan yang dilakukan rektor di internal UK. Artinya, DPRD tidak ingin mendengar lagi adanya permasalahan atau keluhan yang muncul di tubuh UK. Apalagi pemerintah daerah sudah cukup perhatian dengan mengalokasikan dana bantuan pendidikan yang mencapai Rp3 miliar.

”Semua itu tidak lain bagaimana UK lebih mandiri dan siap mencetak SDM generasi muda Karimun yang berkualitas,”  ingatnya.

Rektor UK Abdul Latief mengatakan, mundurnya empat dekan dan tiga kabiro bukan karena dipaksa. Tapi memang ada ketentuan yang tidak membolehkan rangkap jabatan.

“Pada dasarnya, kita menginginkan mereka tetap menjabat di UK. Tapi sekali lagi aturan tidak membolehkan hal itu, maka mereka harus memilih. Tapi kami berharap mereka tetap bisa mengajar di UK,” tambahnya.

Dikutip dari Batam Pos

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: