Soal Try Out UN Bermasalah


Sejumlah Siswa Sekolah Pertama (SMP) yang mengikuti try out (TO) tahap ke dua menyesalkan soalnya TO yang tidak teratur. Sehinga banyak  siswa ini yang sulit untuk menjawa soal TO, Rabu (23/02).

TO tahap ke dua yang dimulai Senin (21/2) sampai Rabu (23/2) ini mendapatkan kritik dari para siswa dan guru. Karena soal yang dibuat oleh pemerintah Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun banyak tidak jelas.

Salah seorang siswa, SMP Negeri 3 Kundur, Sila menyeselkan dengan adanya  soalanya yang tidak jelas ini. “Seharusnya soalnya TO dari pemerintah ini bisa  dimengerti oleh siswan. Namun soal-soalnya ini tidak berurutan, ada nomor  soalnya yang tidak ada” Kesal Sila.

Sila menambahkan, tidak hanya nomor soalnya yang tidak beraturan. Namun wacana  untuk pertanyaan tidak ada, hanya memiliki jawabanya sahaja.

“Saya menejadi sulit untuk mengisi soal TO. Kami siswa merasa dirugikan dengan adanya soal yang dibuat pemerintah kurang teliti. Ada soal yang tidak memiliki pertanya. Kalau tidak salah saya lihat tadi nomor 331langsung ke nomor 36. Tidak  ada nomor 32, 33, 34, , 35”, kata Sila kecewa

Sila menambahkan, tidak hanya nomornya yang kurang, Namun ada jawabannya  sejumlah jawaban yang tidak lengkap. Sehinga banyak siswa yang kesulitan menjawab dan mengisi lembar jawaban.

Hal serupa juga dikatakan, Centia kepada tribun. Soalnya banyak kurang, selain  itu jawaban juga tidak lengkap. Sehinga saat mengisi ujian TO tadi banyak diantara kami kesulitan.

Hal ini diakui oleh Sejumlah Guru yang sedang mengawas TO tahap ke dua ini. Nazirwan guru di SMP N 3 ini mengatakan kepada tribun. Banyak siswa yang  bertanya kepada pengawas mengenai masalah nomor dan soal jawaban tidak lengkap.

“Memang TO yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi dan Kabupten tahap kedua  ini banyak soal dan jawaban TO tidak lengkap”, Kata Nazirwan. banyak siswa kesulitan

Nazirwan mengatakan, soal TO yang dibuat oleh pemerintah seharusnya tidak demikian. Saat ujian sekolah saja, para guru membuat soalnya sangat teliti dan berhati-hati. Padahal pemerintah memiliki tim ahli membuat soal. Namun banyak  siswa kecewa dengan soal yang dibuat oleh pemerintah ini.

Nazirwan menuturkan, dengan adanya soalnya yang kurang teliti dibuat oleh pemerintah ini, yang dirugikan bukan pemerintah namun banyak siswa se provinsi mengikuti TO yang banyak dirugikan.

“Memang TO tidak menentukan kelulusan. Namun jika membuat soal-soal haruslah lebih teliti lagi. Jangan bekerja tidak professional. Kita harap TO ini bisa melihat ukuran kelulusan Ujian Nasional”, tutur Nazirwan kepada tribun Rabu (23/2).

Hal serupa juga dikatakan Oleh Saipul, S.Pdi. Untuk TO tahap kedua ini hasilnya pasti sama dengan TO untuk tahap yang kedua. Ini karena soal-soalnya banyak meragukan dan tidak jelas.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: