Pemkab Karimun Didesak Segera Salurkan Bantuan Banjir


Anggota Komisi A DPRD Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Komaruddin mendesak pemerintah daerah segera menyalurkan dana bantuan untuk korban banjir yang melanda sejumlah desa di Pulau Kundur akhir Januari 2011.

“Pemerintah daerah seharusnya tidak menunda penyaluran bantuan tersebut karena ini menyangkut dampak bencana alam yang harus mendapatkan penanganan cepat dan serius,” katanya di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Komaruddin mengatakan itu karena pemerintah daerah setiap tahun menganggarkan dana darurat untuk bencana alam dalam APBD.

“Saya tidak ingat besarnya, namun saya dengar dari media sekitar Rp750 juta. Kalau memang dana tersebut ada, seharusnya segera disalurkan dan tidak harus melalui birokrasi yang berbelit-belit,” katanya.

Apalagi, kata dia, ada informasi  baru tiga bisa bulan bisa dicairkan, sehingga sama saja dengan menyengsarakan masyarakat.

Banjir yang melanda empat desa selama beberapa hari di Pulau Kundur, merupakan bencana besar, ratusan rumah warga terendam dengan ketinggian air lebih dari satu meter. Ratusan hektare lahan pertanian juga terendam sehingga petani merugi ratusan juta rupiah.

“Karena ini menyangkut bencana alam, dana tersebut seharusnya dapat dikategorikan dana tanggap darurat yang penyalurannya harus cepat,” katanya.

Bupati Karimun saat meninjau posko banjir menjanjikan bantuan sebesar Rp10 juta untuk dapur umum para korban banjir Desa Tanjungsari, Kecamatan Kundur.

Sedangkan dana dapur umum selama banjir melanda untuk sementara ditanggulangi secara pribadi oleh koordinator posko Kholik.

Sekda Karimun Anwar Hasyim sebelumnya mengatakan, dana bantuan banjir Kundur disalurkan secara bertahap hingga tiga bulan mendatang.

Dikutip dari Kepri Antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: