Gaji Dekan Universitas Karimun Belum Dibayar


Dekan dan tiga Kepala Biro (karo) Universitas Karimun (UK), resmi mundur pekan lalu. Namun di balik kemunduran itu, ternyata selama 29 bulan menjabat dekan dan kepala biro mereka tidak menerima honor alias kerja gotong royong.

Selain mereka, masih ada lagi yang tidak menerima gaji yakni pembantu dekan ketua prodi. Jika dijumlah total mencapai 31 orang. Alasannya, mereka adalah pejabat struktural di pemerintahan. Sehingga UK tidak perlu membayar honor mereka.

Informasi yang diperoleh, jika dihitung-hitung untuk dekan saja selama 29 bulan (2 tahun 5 bulan), gajinya mencapai Rp87 juta. Dengan rincian satu bulan penghasilan mencapai Rp3 juta. Demikian juga untuk kepala biro, selama 29 bulan tersebut total penghasilan Rp78 juta atau sekitar Rp2,6 juta.

Tidak adanya gaji tersebut, dibenarkan Dekan Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) DR Amjon. Menurut Amjon yang kini menjabat Kabag Humas Pemkab Karimun, membenarkan selama ini tidak pernah dibayar saat menjabat Dekan. ”Tapi itu tidak masalah bagi kita, karena tujuan kita ingin membangun pendidikan di Karimun,” jelasnya.

Meski demikian, kata Amjon dirinya siap kembali bertugas sebagai dekan jika memang tenaganya dibutuhkan. Disinggung soal total gaji dekan yang mencapai Rp87 juta, selama bertugas 29 bulan di UK, Amjon mengatakan, dirinya tak tahu pasti. ”Saya memang mendengar, jika dihitung-hitung nilainya mencapai yang disebutkan (Rp87 juta, red),” jelasnya singkat.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, 4 dekan Fakultas yakni Dekan Fakultas Teknik, Drs Mhd Dali MM, Dekan Fakultas  Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP) H Amjon MPd, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Suciwati dan Dekan Fakultas Perikanan Ir Hazmi Yuliansyah MSi dan tiga Kabiro yakni Kabiro Umum Irwanto, Kabiro Keuangan Abdullah dan Kabiro Humas Helmi mundur dari UK.

Mereka mundur karena tidak dibenarkan pegawai struktural merangkap jabatan di UK. Dan pernyataan mundur ini disampaikan dalam hearing dengan komisi A DPRD Karimun seminggu yang lalu.

Dikutip dari Batam Pos

2 responses to this post.

  1. Posted by edu on March 24, 2011 at 21:14

    klo niat bukan nak memajukan pendidikan karimun yee itulah… masalah sepele seperti gaji pun di permasalahkan….. nampak2 nye memang tak mampu…. mundur saje lah…. masih banyak lagi sdm karimun yang mampu untuk memajukan pendidikan karimun tampa digaji… cume tak pernah diberi kesempatan….

    Reply

    • setuju sangat…macam mane pendidikan kite nak maju kalo macam gini..
      iye kalo mereka cuma menggantungkan hidup dari gaji mereka sebagai dekan,ini tidak, kan smuanya pada rangkap jabatan..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: