Pelabuhan Roro Kundur Sudah Selesai


Pelabuhan kapal Roro yang dibangun pemerintah sejak tahun 2010 lalu kini sudah mulai selesai pembangunannya. Pelabuhan ini akan bermanfaat bagi sejumlah masyarakat Kundur. Karena masyarakat Kundur bisa pulang pergi membawa  kendaraan beroda dua dan beroda empat.

Pelabuhan roro yang terlekat di Selat Beliah Perayun Kecamatan Kundur Barat tinggal menunggu akses jalan yang sedang dalam pembangunannya. Selain itu pelabuhan ini juga akan menjadi pelabuhan roro pertama di Kundur tujuan Tanjung Balai Karimun.

Salah seorang masyarakat Kundur, yang  ditemui, Awang mengatakan. Dengan adanya pelabuhan roro ini warga yang membawa kendaraan ke Tanjung Balai akan sangat mudah, begitu juga warga Tanjung Balai yang ingin membawa kendaraan ke Tanjung Batu.

“Sekarang ini masyarakat Kundur yang ingin membawa kendaraannya ke Balai harus mengunakan kapal pompong. Selain itu kita harus ngangkat mengangkat dari pelabuhan ke pelabuhan. Dengan adanya pelabuhan roro ini saat ingin membawa kendaraan ke Balai tidak lagi perlu pakai pompong,” kata Awang, Jumat (04/3).

Awang menambahkan, mengunakan pompong membawa kendaraan sangat rawan sekali. Ini karena kendaraan yang dibawa bisa tergores dan jugu tersiram air laut. Jika terkena air ini motor bisa berkarat . Selain itu musim ombak motor ombak juga kendaraan kita bisa jatuh ke laut.

Awang menuturkan, pelabuhan roro sudah hampir selesai. Namun pelabuhan ini belum dapat digunakan karena akses jalan ke Pelabuhan tersebut belum selesai dan masih dalam pembangunan.

“Saya melihat dalam beberapa hari kemarin, ada dari Dinas Pekerjaan Umum yang mengukur dan meninjau jalan menuju ke Pelabuhan roro. Kemungkinan besar jalan segera dibangun. Dan memang saya mengharapkan sekali pelabuhan ini cepat digunakan”, tutur Awang.

Ia mengatakan, kapal roro juga sudah ada didepan pelabuhan, namun dikarenakan jalan menuju akses ke pelabuhan belum selesai.

Hal serupa juga dikatakan oleh warga Kundur ini, Adi kepada tribun, ia
mengatakan, yang tidak mau Seharusnya pelabuhan dan jalan sama-sama siap.
Namun sekarang bisa dilihat pelabuhan sudah selesai namun jalan masih belum di aspal.

“Pelabuhan sudah selesai dibangun oleh pemerintah, namun akses jalan masih
dalam pengukuran. Inikan membuang-buang waktu. Saya memang mengharapkan sekali pelabuhan ini cepat digunakan, karena sangat membantu masyarakat Kundur dan juga masyarakat Tanjung Balai”, kata Adi.

Adi menambahkan, dengan adanya pelabuhan roro ini untuk pergi dan berjalan-jalan ke Tanjung Balai membawa kendaraan ini tidak perlu lagi susah-susah seperti sekarang. Karena pelabuhan yang ada ini di Selat Beliah saat air laut surut pelabuhan sangat tinggi.

“Saya sering membawa kendaraan bermotor roda dua ke Tanjung Balai, membawa keluarga, anak-anak berlibur ke Balai. Dengan adanya pelabuhan roro nantinya ini lebih mudah lagi pulang pergi membawa kendaraan berlibur ke Balai”, tambah Adi.

Adi menuturkankan, sekarang membawa kendaraan bermotor roda dua ke Balai harus membayar upah buruh mengangkat kendaraan kita sekitar Rp 50 ribu. Namun pelabuhan roro yang sedang dibangun ini ongkos membawa kendaraan belum diketahui berapa jumlahnya. Ia mengharapkan jika pelabuhan ini sudah beroprasi harga membawa kendaraan tidak terlalu tinggi.

Dikutip dari Tribun Batam

2 responses to this post.

  1. Posted by ela on April 13, 2011 at 14:18

    minta informasi alamat tujuan bila ingin mencoba melamar di pelabuhan roro KUNDUR…sy butuh sekali informasiny..tks

    Reply

    • mohon maaf sebelumnya..
      sampai saat ini saya belum menemukan yang anda tanyakan..
      nanti apabila ada kabar lebih lanjut akan saya kabari
      thanks..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: