Pemkab karimun Buka Lahan Baru di Kundur


Pemkab mengembangkan Pulau Kundur sebagai wilayah pertanian, terus dimatangkan. Bupati Karimun Nurdin Basirun, ditemani Camat se Pulau Kundur, kemarin sudah meninjau lokasi yang akan dijadikan sebagai areal pertanian.

Salah satu lokasi yang ditinjau yakni Desa Teluk Radang. ”Tahun ini, kita kembali membuka lahan pertanian 100 hektare di Pulau Kundur. Saya akan turun langsung melihat lokasi mana yang cocok untuk pertanian,” ujar Nurdin.

Dikatakan Nurdin, dibukanya lokasi pertanian di Kundur, tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat. Dengan adanya lokasi ini, kata Bupati, warga nantinya bisa bercocok tanam di atas lahan milik pemerintah. ”Sasarannya adalah menjadikan Pulau Kundur sentral pertanian Provinsi Kepri,” jelasnya.

Jika ini terwujud, maka total lahan pertanian yang telah dibuka pemerintah seluas 245 hektare. Ditahun 2010 lalu, sudah dibuka seluas 145 hektare dan diserahkan kepada kelompok masyarakat untuk mengelolanya.

Menurut Nurdin, disiapkannya lahan tersebut tidak terlepas dari rencana Pemprov Kepri untuk memajukan perekonomian di Karimun. Dalam program ini, Pemerintah Provinsi siap memberikan bantuan berupa bibit kepada kelompok tani. Mulai dari bibit kelapa, karet, padi hingga palawija.

Seperti diketahui, Pulau Kundur sangat cocok dijadikan lokasi pertanian. Dan ini sudah dimulai oleh pemerintah sejak beberapa tahun lalu. Dan saat ini, sebagian besar lahan di Kundur sudah ditanami warga. Dan ini sangat dirasakan masyarakat dengan adanya hasil pertanian dari Kundur. Saat kenaikan harga cabai merah beberapa waktu lalu, dengan adanya lahan pertanian di Pulau Kundur, ternyata bisa menekan harga kenaikan cabai di Karimun.

Jika didaerah lain harga cabai tembus Rp90 ribu perkilo, kala itu di Karimun kenaikan hanya mencapai Rp75 ribu perkilonya.

Dikutip dari Batam Pos

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: