Wacana Kundur Jadi Kabupaten Kembali Mencuat


Usulan sejumlah warga Kundur, untuk menjadi kabupaten, semakin mencuat. Sejumlah elemen di masyarakat meyakini Kundur akan jauh lebih sejahtera dari sekarang dibandingkan dengan saat ini.

Wakil Ketua Tim Formatur dan juga Wakil Ketua DPRD  Provinsi Kepri, Iskandarsyah mengatakan Kundur memang layak jadi kabupaten.

“Kundur layak untuk menjadi kabupaten. Pembentukan Kabupaten Kundur sudah diusulkan ke level yang lebih tinggi,”  ujarnya , Minggu (7/3), saat ia sedang mengisi ceramah isra mi’raj di Kundur.

Ia mengatakan, jika Kundur menjadi kabupaten tenaga kerja bisa terserap di sini. Selain itu Kundur juga bisa menjadi daerah yang lebih maju jika terbentuknya kabupaten.

Ia menambahkan, masalah pendapatan asli daerah (PAD) bukan menjadi kendala pembentukan sebuah kabupaten.  Karena PAD tidak menjamin kesejahteraan bagi masyarakat. “Bisa kita contoh daerah yang memiliki sumber daya migas seperti
Anambas dan Natuna. Di sana masyarakatnya belum menikmati hasil,” terangnya.

Masih kata Iskandarsaya, jika Kundur menjadi Kabupaten sendiri  peredaran uang semakin lancar. Masyarakat Kundur juga  memiliki kemandirian, dibandingkan dengan daerah lain.

“Jika sudah menjadi kabupaten, Dana Bagi Hasil (DBH) migas dari pusat dapat ditarik ke Kundur. Memang Kundur tidak memiliki migas namun DBH ini semua kabupaten menerima dari pusat,” kata Iskandar.

Iskandarsyah menambahkan, menurut kajian dari Provinsi Kundur sudah layak untuk dijadikan kabupten sendiri. Selain itu  Kabupaten Kundur tidak mungkin akan menjadi
miskin. “Malah nantinya masyarakat bisa lebih sejahtera,” kata dia.

“Yang paling saya khawatirkan dari pembentukan Kabupaten Kundur ini, politisi yang tidak mendapatkan jabatan di Karimun dan kalah dalam pemilihan kemarin lalu ingin membentuk kabupaten sendiri.  Karena tidak senangnya sehingga
memperjuangkan agar Kundur bisa lepas dari Karumun,” tutur Iskandarsyah.

Iskandar menuturkan lagi, para politis ini lah yang harus kita awasi agar nantinya jika sudah terbentuk kabupaten sendiri bisa lebih sejahtera jangan ada kepentingan politik dan juga kepentingan golongan.

“Pembentukan Kabupaten Kundur saat ini sudah berjalan. Tim pembentukan kabupaten Kundur sudah mengusulkan ketingkat yang lebih tinggi. Tinggal menuggu waktu lagi,” tegasnya.

Mantan Wakil Ketua Ikatan Mahasiswa Provinsi Kepri
Pekanbaru, Agus Susanto ST mengatakan, jika syarat normatif
sudah terpenuhi,  Kundur sudah layak untuk dimekarkan. Ia mengajak masyarakat mendukung.

“Namun saya tegaskan bahwa pemekaran dimaksud masih pada tataran keinginan masih belum kebutuhan. Jika masyarakat sudah berkeinginan kuat Kundur menjadi kabupaten harus kita dukung,” kata Agus.

Ia menambahkan, secara geografis dan politis pemekaran Kundur menjadi kabupaten tidak ada persoalan. Namun jika masyarakat dan elite kita bersatu, tentu tidak ada yang tak memungkinkan. Pemerintah bertujuan untuk mensejahterakan rakyat itu
yang harus diperjuangkan.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: