Bappeda Harapkan Reses DPRD Sinergi Dengan Musrenbag


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karimun mengharapkan penjaringan aspirasi masyarakat dalam masa reses DPRD setempat bersinergi dengan Musyawarah Rencana Pembangunan.

”Usulan yang ditampung dalam reses anggota dewan hendaknya bersinergi dengan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang),” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karimun Raja Usman dalam acara Semiloka DPRD Karimun mengenai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Pedesaan di Gedung Nasional Tanjung Balai Karimun, Senin 14 Maret 2011.

Raja Usman mengatakan sinergi antara hasil reses DPRD dengan Musrenbang sangat penting sehingga usulan-usulan yang disampaikan masyarakat dalam Musrenbang yang dimulai dari tingkat desa dapat terakomodasi dalam APBD.

”Kami menyarankan masa reses DPRD disejalankan dengan Musrenbang sehingga semua aspirasi yang masuk dapat ditampung dengan optimal,” ucapnya.

Menurut dia, musrenbang merupakan salah satu program yang harus dilaksanakan pemerintah daerah. Biaya yang dihabiskan untuk setiap musrenbang, mulai dari desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten sangat besar.

”Dana yang dihabiskan akan sia-sia jika usulan masyarakat dalam musrenbang tidak diakomodir dewan saat  menyusun anggaran. Apalagi, reses dewan cenderung politis, karena itu kami berharap reses dan musrenbang berjalan selaras dan saling mengisi,” katanya.

Usman mengatakan, perencanaan pembangunan sudah selayaknya dilaksanakan secara terintegrasi agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

”Jika konsep terintegrasi ini menjadi komitmen bersama. Kami optimistis usulan masyarakat akan tertuang dalam kerangka kebijakan pembangunan daerah,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Kepri, Raja Ariza mengharapkan PNPM menjadi contoh dalam penyusunan kebijakan pembangunan.

”PNPM terbukti mampu memenuhi kebutuhan pembangunan masyarakat. Selayaknya, panduan program ini menjadi acuan dalam Musrenbang yang diselaraskan dengan reses dewan,” ucapnya.

Sementara, anggota DPRD John Abrison menyambut baik keinginan agar reses dengan Musrenbang saling bersinergi.

”Sejak awal punya komitmen menyusun anggaran dan program pembangunan berdasarkan usulan masyarakat,” ucapnya.

P
artisipasi Dewan

Semiloka DPRD tentang PNPM Mandiri Pedesaan yang diadakan BPMD, Kesatuan Bangsa dan Linmas Karimun tersebut merupakan salah satu upaya melibatkan legislatif untuk berpartisipasi dalam program pembangunan.

”Semiloka ini sebenarnya program pusat yang dicanangkan sejak lama. Namun, kegiatan ini baru kita adakan sekarang karena selama ini PNPM cenderung dipolitisasi,” kata Kepala BPMD, Kesbang dan Linmas Karimun, Junaidi.

Menurut Junaidi, anggota legislatif juga punya porsi untuk berpartisipasi dalam pembangunan, khusunya pelaksanaan dan evaluasi PNPM Mandiri Pedesaan.

”Masukan yang muncul dalam semiloka ini diharapkan menjadi pertimbangan bagi dewan dalam penganggaran tahun berikutnya,” katanya.

Dia juga mengatakan, selain dihadiri sejumlah anggota dewan lintaskomisi, semiloka tersebut juga dihadiri para camat dari sembilan kecamatan, lembaga swadaya masyarakat dan tokoh masyarakat.

Dikutip dari Kepri Antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: