Pelabuhan Desa Lebuh Rusak Berat


Kondisi pelabuhan rakyat menjadi satu-satunya akses transportasi dari Tanjung Balai Karimun ke pulau-pulau lain menuju Desa Lebuh, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau rusak berat.

“Kondisi pelabuhan di Desa Lebuh sangat memprihatinkan dan membahayakan warga yang menggunakannya,” kata anggota DPRD Karimun Zulfikar ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Zulfikar mengatakan, informasi rusaknya pelabuhan terungkap saat dirinya bersama sejumlah anggota dewan dari daerah pemilihan Kundur menjaring aspirasi masyarakat Desa Lebuh, Rabu pekan ini.

Desa Lebuh merupakan satu dari empat desa yang berada di Pulau Belat, Kundur Utara, tiga desa lainnya masing-masing Desa Penarah, Sebele dan Sei Asam. Masing-masing desa mempunyai satu pelabuhan yang jaraknya berjauhan dan umumnya terbuat dari kayu.

“Banyak keluhan warga mengenai kondisi sarana infrastruktur yang memprihatinkan. Namun, yang paling menonjol adalah sarana pelabuhan, dan kami melihat langsung bagaimana kondisi pelabuhan tersebut,” ucapnya.

Pelabuhan satu-satunya di desa tersebut, menurut dia rusak berat, lantai pelabuhan yang terbuat dari sudah banyak yang lapuk dan patah.

“Tangga yang digunakan warga untuk naik atau turun ke kapal sangat tidak layak dan bisa membahayakan keselamatan warga,” katanya.

Terkait kondisi pelabuhan tersebut, warga menurut dia sudah mengusulkannya pada 2010 namun pembangunannya belum dapat direalisasikan pada APBD murni 2011.

“Kami akan upayakan penganggaran pembangunan pelabuhan tersebut pada APBD perubahan. Nanti, pelabuhan tersebut tidak lagi terbuat dari kayu, tetapi beton atau permanen,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan pelabuhan di pulau-pulau harus menjadi prioritas pemerintah daerah, karena menjadi gerbang keluar masuknya warga.

“Kami berharap pemerintah daerah mengusulkan pembangunan pelabuhan tersebut. Atau, kami yang akan mengusulkannya saat pembahasan anggaran nanti,” katanya.

Sampaikan aspirasi

Selain pelabuhan rusak, lanjut Zulfikar, warga juga menyampaikan aspirasi terkait kondisi jalan Sei Lumut, satu-satunya jalan penghubung menuju Desa Penarah yang terendam saat air laut pasang.

“Badan jalan yang rendah mengakibatkan air laut meluap sehingga kebanjiran saat pasang. Warga mengeluhkannya karena aktivitas mereka terganggu, anak-anak tidak bisa sekolah karena jalan tenggelam,” katanya.

Dia juga mengatakan, akan mengusulkan pembangunan jalan tersebut sehingga aktivitas warga di dua tersebut berjalan dengan baik.

Warga juga menginginkan pemerintah daerah menugaskan satu dokter mengingat letak Pulau Belat yang berjauhan dari Tanjung Balai Karimun sebagai ibukota kabupaten.

“Warga mengeluh karena setiap warga yang sakit harus menempuh perjalanan jauh, mulai dari jalan darat kiloan meter, kemudian menggunakan kapal motor kecil (pompong) menuju ibukota kecamatan di Tanjung Berlian,” katanya.

Kalau Puskesmas di Tanjung Berlian tidak dapat mengobati pasien, perjalanan lebih jauh lagi karena harus di bawa ke Tanjung Balai Karimun, tambahnya.

Sementara, warga Pulau Buru Kecamatan Buru meminta pemerintah daerah membangun ponton atau dermaga terapung karena kondisi pelabuhan antarpulau di pelabuhan sudah tidak memadai dengan lalu lintas penumpang.

“Pelabuhan Pulau Buru saat ini tidak mempunyai ponton, warga turun naik dari kapal melalui tangga yang cukup tinggi, apalagi saat air laut surut,” kata anggota DPRD Karimun Jhon Abrison yang juga menggelar pertemuan dengan warga Buru.

Jhon mengatakan, warga di pulau tersebut juga meminta perbaikan jalan penghubung antardesa yang beberapa di antaranya belum diaspal dan rusak.

Dikutip dari Kepri Antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: