Wacana Puskesmas Pulau-Pulau Kecil di Karimun Ada Fasilitas Rawat Inap


Masih kurangnya fasilitas kesehatan bagi masyarakat di pulau-pulau kecil sangat disadari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia bersama Bupati Nurdin Basirun mewacanakan upaya meningkatkan pelayanan Puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) yang di pulau-pulau yang dilengkapi dengan fasilitas rawat inap.

“Kita akan berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya, kita mewacanakan Puskesmas dapat ditingkatkan pelayanannya misalnya dengan mengupayakan adanya fasilitas rawat inap,” ungkap Aunur Rafiq kepada Tribun, kemarin.

Program ini akan diejawantahkan Nurdin-Rafiq setelah pelantikannya pada 23 Maret 2011 mendatang. Program ini didasarkan atas seringnya Rafiq mendapat laporan kalau masyarakat di luar pulau Karimun kesulitan saat mendapatkan pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas.

“Saat ada warga yang sakit dan harus mendapatkan perawatan medis dan rawat inap, mereka harus menyeberang pulau untuk dapat rawat inap di RSUD Karimun. Ini sangat membebani warga. Itulah yang membuat kami akan mengupayakan nantinya Puskesmas juga memiliki fasilitas rawat inap,” ungkapnya.

Saat ini setiap kecamatan rata-rata sudah terdapat Puskesmas. Baru ada beberapa Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap seperti Puskesmas Kundur dan Puskesmas Moro. Sementara beberapa di antaranya masih berstatus Puskesmas Pembantu (Pustu) di tingkat kecamatan, namun keberadaan Pustu ini sudah cukup membantu masyarakat sekitarnya.

Wilayah Kabupaten Karimun yang kepulauan dan dibatasi jarak lautan membuat pelayanan rumah sakit semata wayang yang ada di ibukota kabupaten, belum sepenuhnya dinikmati masyarakat pulau lainnya.

Salah satu cara agar pelayanan kesehatan masyarakat juga tetap dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, terutama di kepulauan yang baru ada Puskesmas, maka peningkatan pelayanan di Puskesmas menjadi sangat penting.

Untuk teknis merealisasikan kesiapan dari wacana gemilang tersebut,  Kepala Dinas Kesehatan yang hendak dikonfirmasi Tribun kemarin, tidak mengangkat ponselnya.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: