Pelantikan Bupati Karimun Periode 2011-2016


Gubernur Kepulauan Riau HM Sani, Rabu, melantik Nurdin Basirun dan Aunur Rafiq sebagai bupati dan wakil bupati kabupaten setempat masa jabatan 2011-2016 dalam rapat paripurna istimewa DPRD.

Nurdin Basirun dan Aunur Rafiq yang memenangkan Pilkada 5 Januari 2011 dilantik dan diambil sumpah jabatannya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.21.142 dan 131.21.143 tanggal 28 Februari 2011 tentang pengesahan pemberhentian Bupati, Wakil Bupati Karimun periode 2006-2011 dan pengesahan pengangkatan bupati dan wakil bupati periode 2011-2016.

Rapat paripurna istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Raja Bakhtiar itu dihadiri Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat Wiranto, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Aida Ismeth, seluruh anggota dewan, para pejabat provinsi, kabupaten dan kota se-Kepri.

HM Sani usai melantik dan mengambil sumpah jabatan keduanya mengatakan bupati dan wakil bupati dilantik mempercepat program pembangunan yang telah dicanangkan selama keduanya memimpin Karimun untuk periode 2006-2011.

Terpilihnya pasangan ini untuk kedua kalinya merupakan sebuah kepercayaan dari masyarakat. Kami berharap, pembangunan yang sudah berjalan dengan baik akan menjadi lebih baik lagi dalam lima tahun ke depan,” kata dia.

Menurut dia, salah satu program yang harus diprioritaskan peraih 92,2 persen suara dalam Pilkada itu adalah pengentasan kemiskinan yang tengah dicanangkan pemerintah provinsi.

“Kami berharap dukungan penuh dengan menyiapkan porsi anggaran di APBD untuk pengentasan kemiskinan,” katanya.

HM Sani mengatakan, salah satu program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah provinsi adalah rehabilitasi rumah tidak layak huni.

“Kami menargetkan akan merehab 17.500 rumah tidak layak huni selama lima tahun ke depan. Target ini tidak akan terealisasi jika pemerintah kabupaten dan kota tidak menyiapkan pos anggaran pada APBD, baik melalui program bantuan sosial maupun program lainnya,” katanya.

Selain pengentasan kemiskinan, dia juga mengajak bupati dan wakil bupati terpilih terus menggalakkan program pengembangan investasi sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi Kepri.

“Sebesar 62,2 persen pertumbuhan ekonomi Kepri didominasi program investasi. Karena itu, program ini harus kita galakkan dan didukung semua pihak. Investasi yang dikembangkan tetap mengacu pada peraturan sehingga memberi efek domino bagi warga masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengharapkan Nurdin Basirun dan Aunur Rafiq senantias mengedepankan moral dan kompetensi dalam menjalankan amanah masyarakat.

Sementara, Nurdin Basirun mengatakan program pembangunan selama lima tahun ke depan akan difokuskan pada sektor jasa dan investasi bidang maritim.

“Sebagai daerah kepulauan, sektor jasa maritim sangat potensial, apalagi Karimun berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia,” katanya.

Nurdin menyatakan akan berupaya menjalankan amanah masyarakat yang telah mempercaya dirinya untuk kembali memimpin Karimun masa jabatan 2011-2016.

“Ini semua amanah masyarakat, kami akan berupaya memegang teguh,” katanya.

Tetap Mesra

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Raja Bakhtiar mengatakan Nurdin Basirun-Aunur Rafiq diharapkan tetap mesra dalam menjalankan roda pemerintahan sebagaimana yang ditunjukkan selama lima tahun terakhir.

“Perolehan 92,2 persen suara dalam Pilkada oleh pasangan ‘incumbent’ ini adalah bentuk kepercayaan besar dari masyarakat. Kami berharap Nurdin-Rafiq tetap mesra dan saling mengisi dalam menjalankan roda pemerintahan,” katanya.

Menurut Raja Bakhtiar, Nurdin-Rafiq merupakan pasangan bupati dan wakil bupati yang meraih suara terbanyak dibandingkan pasangan lain yang bertarung dalam Pilkada di Provinsi Kepri.

“Di Tanah Air, Nurdin-Rafiq juga satu-satunya pasangan “incumbent” yang tetap mesra dan kembali berpasangan dan memenangi Pilkada,” kata dia.

Dikutip dari Kepri Antaranews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: