Muhammadiyah Karimun Berencana Bangun SMA Plus


Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau berencana memperluas amal usaha, anatara lain dengan mendirikan SMA Plus.

”Rencana mendirikan SMA Plus akan menjadi agenda penting dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-3 di Tanjung Balai Karimun pada 16-17 April mendatang,” kata Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karimun Islahuddin Roelhaf di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Islahuddin menuturkan, SMA Plus merupakan sekolah yang memadukan pendidikan umum dengan agama yang diharapkan turut memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan di kabupaten setempat.

”SMA Plus sama seperti SMA Terpadu. SMA model ini sesuai dengan cita-cita Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan yang fokus pada bidang pendidikan,” ucapnya.

Muhammadiyah Karimun, lanjut dia, saat ini baru memiliki tiga lembaga pendidikan setingkat taman kanak-kanak (TK), yaitu TK Aisyiyah Tanjung Balai Karimun, Kundur dan Meral.

Kemudian satu SD dan SMP yang berlokasi di Kelurahan Sei Lakam, Tanjung Balai Karimun.

”Jika dilihat dari jumlah tersebut, Muhammadiyah Karimun masih jauh tertinggal dibandingkan organisasi yang sama di daerah lain. Inilah yang akan menjadi pemikiran kepengurusan lima tahun mendatang yang juga akan dipilih dalam Musda tersebut,” katanya.

Jaringan Organisasi

Untuk mendukung pengembangan amal usaha, lanjut Islahuddin, Musda ke-3 juga akan membahas upaya perluasan jaringan organisasi hingga menjangkau seluruh kecamatan, desa dan kelurahan.

”Keterbatasan jaringan organisasi menjadi kendala dalam melaksankaan program yang telah disusun sebelumnya,” katanya.

Dia mengatakan saat ini Muhammadiyah Karimun baru mempunyai lima cabang di lima kecamatan, yaitu cabang Tanjungbalai Karimun, Meral, Tebing, Kundur dan Moro.

Sedangkan untuk empat kecamatan lain masing-masing Kecamatan Buru, Durai, Kundur Utara dan Kundur Barat belum memiliki kepengurusan sebagai perpanjangan tangan pengurus kabupaten.

Untuk tingkat ranting yang merupakan kepengurusan tingkat kelurahan dan desa, menurut dia saat ini baru berdiri di lima cabang yang telah berdiri.

”Pengembangan jaringan organisasi sangat menentukan jalan atau tidaknya roda organisasi,” katanya.

Musda ke-3, lanjut dia, memiliki agenda pokok, yaitu memilih pengurus masa jabatan 2010-2015. Selain itu, sejumlah organisasi otonom, yaitu Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah juga akan menggelar Musda dalam waktu bersamaan.

Dikutip dari Kepri Antaranews

One response to this post.

  1. Semoga berhasil..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: