Razia Polisi Amankan 27 Pemuda


Sebanyak 27 orang pemuda usia produktif yang diduga tengah menggelar pesta minuman beralkohol (mikol) di tiga tempat di wilayah hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjungbalai Karimun diamankan.

Mereka tertangkap saat jajaran Polsek Tanjungbalai Karimun menggelar razia cipta kondisi di jalan Baru, Kelurahan Lubuk Semut, lapangan bola basket, jalan Haji Arab, Kelurahan Sungai Lakam, dan di sekitar komplek perumahan Bea dan Cukai, Kelurahan Teluk Air, Sabtu (2/4/2011) sekitar pukul 22:30 WIB.

Dari tangan preman tersebut, polisi mengamankan 3 botol mikol merek Big Boss, 4 kaleng Carlsberg dan 1 kantong plastik minuman tuak. Jajaran Polsek Tanjungbalai Karimun juga mengamankan 7 unit sepeda motor yang tidak memiliki dokumen lengkap dan diduga hasil tindak kejahatan seperti penggelapan dan pencurian sepeda motor (curanmor).

“Dari hasil razia cipta kondisi malam ini (Sabtu, 2/4/2011, red), sebanyak 27 orang pemuda usia antara 15 hingga 20 an tahun, 7 unit motor berbagai tipe dan merek diamankan. Serta 3 botol mikol merek Big Boss, 4 kaleng minuman Carlsberg dan 1 kantong tuak kita sita,” ujar Kapolres Karimun, AKBP Benyamin Sapta T Sik melalui Kapolsek Tanjungbalai Karimun, Kompol Hari Purnomo Sik seusai razia.

Selanjutnya ke 27 pemuda usia produktif tersebut akan didata identitasnya serta diambil foto wajahnya dan kemudian dicocokan dengan data daftar pencarian orang (DPO) Polsek Tanjungbalai Karimun.

Sementara itu 7 unit sepeda motor yang tidak memiliki dokumen lengkap akan diproses lebih lanjut, apakah sepeda motor tersebut hasil penggelapan dan curanmor atau bukan.

“Kepada 27 orang pemuda itu tidak akan kita tahan sementara waktu dan dikembalikan. Tapi jika nanti datanya sesuai dengan DPO jajaran kita, baru akan dilakukan penangkapan,” sambung Hari.

Lebih lanjut dikatakan Hari, razia ini dilakukan jajarannya mengingat banyaknya laporan masyarakat yang resah dengan aktivitas minum-minuman keras secara terbuka di tempat umum disejumlah tempat.

Masyarakat dikatakan Hari khawatir aksi minum-minuman keras tersebut akan berkembang kepada tindak kriminalitas lainnya seperti pencurian, perkosaan dan perkelahian.

Proses razia sendiri berlangsung cukup cepat. Jajaran Polsek Tanjungbalai Karimun telah melakukan pengintai terlebih dahulu di tiga tempat tersebut. Dan saat dilakukan penggerebekan, para preman cilik itu lari tunggang langgang. Bahkan diantaranya mereka ada yang nekad meninggalkan sepeda motor mereka saking takutnya.

“Dari tiga tempat yang kita razia itu, hanya dua lokasi yang diketahui ada pemuda yang menggelar pesta mikol yakni di jalan Baru dan lapangan bola basket di jalan Haji Arab, Puakang. Sementara di lapangan terbuka komplek perumahan Bea dan Cukai di Teluk Air hanya didapati pasangan yang tengah berpacaran,” jelas Hari Purnomo.

Razia di Pelabuhan Domestik

Beberapa jam sebelumnya, sekitar pukul 21:00 WIB, jajaran Polres Karimun yang menurunkan sekitar 250 personel diantaranya dari Satuan Reserse dan Kriminal, Satuan Narkoba, Sabhara, Polsek Kawasan Pelabuhan juga menggelar razia di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun.

Sasarannya barang bawaan penumpang kapal KM Kelud asal Jakarta tujuan Batam yang menyinggahi Tanjungbalai Karimun. Sama seperti razia yang digelar jajaran Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KKP) Tanjungbalai Karimun, Rabu (30/3/2011) lalu, para penumpang KM Kelud asal Jakarta tujuan Tanjungbalai Karimun tersebut begitu turun diminta memasukan barang bawaan mereka ke dalam mesin pencitraan x-ray di terminal keberangkatan internasional Tanjungbalai Karimun.

Para penumpang juga diminta menunjukan kartu identitas mereka seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hasilnya, para penumpang tersebut dinyatakanb bersih dan aman dari barang-barang yang berbau narkoba, senjata api, senjata tajam serta bahan peledak.

Kapolres Karimun, AKBP Benyamin Sapta T Sik seusai memimpin langsung razia tersebut mengatakan razia tersebut merupakan operasi rutin yang digelar pihaknya dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di Karimun.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: