Guru di Kundur Ikut Sosialisasi Sertifikasi Guru


Sebanyak  105   guru dari berbagai tingkatan se- Kundur  mengikuti sosialiasi sertifikasi. Untuk tahun ini kuota Kabupaten Karimun akan mengirimkan guru-guru  mengikuit sertifikasi guru sekitar 326 guru, Senin (04/4).

 

Sosialisasi sertifikasi guru se Kundur dilaksanakan di gedung serba guna SMP Negeri 1 kecamatan Kundur.  Guru yang mengikuit sertifikasi ini tidak hanya dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) namun sejumlah guru non PNS juga ikut sebagai calon peserta sertifikasi guru untuk tahun 2011.

 

“Bagi guru Non PNS bisa mengikuti  sertifikasi  ini. Namun bagi guru Non PNS untuk dapat mengikuit sertifikasi guru ini harus memenuhi syarat, mereka sudah lama mengajar minimal 20 tahun dengan batas usia 50 tahun”,jelas Jumaidah, M.Pd tim sertifikasi guru Kabupaten Karimun di sela mengisi sosialisasi sertifikasi guru di Kundur.

 

Ia menambahkan, syarat lainya untuk bisa mengikuti sertifikasi guru ini, harus minimal berpendidikan sarjana dan masa kerja selama enam tahun, termasuk guru  non PNS.

 

Ia mengatakan lagi lebih lanjut, jika guru tersebut tidak sarjana, minimal guru tersebut juga sudah golongan IV a, dan mereka ini juga layak untuk mengikuti sertifikasi ini.

 

“Untuk calon guru di Kundur yang akan mengikuti sertifikasi guru sebanyak 105 orang. Tahun 2011 kuota guru di Karimun yang bisa mengikuti sertifikasi sebanyak 326 tenaga pendidik. Pemerintah juga sangat mengharapkan dengan banyaknya ikut serta guru di Karimun khusunya di Kundur mutu pendidikan di daerah kita lebih maju dan berkembang,”kata Jumaidah dan Juga Kasi Pembinaan SMP Dinas Kabupaten karimun kepada tribun.


Jumaidah juga menuturkan, sertifikasi  guru sangat penting  harus dimiliki oleh setiap guru. Hal ini karena salah satu penilaian guru yang professional mereka sudah mendapatkan sertifikasi sertifikasi guru ini. Mereka juga nantinya bisa lebih menguasai setiap ilmu dan keahlian masing-masing guru ini.

 

Jumaidah menuturkan lagi, dari 105 calon peserta  di Kundur yang sudah menjadi peserta dan bakal mengikuit sertifikasi guru di Pekanbaru nanti ada sekitar  85 persen. Namun tim sertifikasi guru Kabupaten Karimun tingal verifikasi data yang melamar untuk menjadi peserta sertifikasi guru ini.

 

“Tujuan diselengarakan sertifikasi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan dan setiap guru juga wajib mengambil sertifika sebagai pendidik. Setelah dapat sertifikat ini menandakan guru tersebut sudah layak menjadi seorang guru yang professional”,tutur Jumaidah lagi.

 

Ia menjelaskan, setelah mendapatkan sertifikat ini nantinya juga diharapkan para guru di Kundur ini bisa mengajar lebih baik lagi. Hal ini selain mereka mendapatkan tambahan satu kali gaji pokok juga mendapatkan gelar sebagai guru professional.

 

Ia mengungkapkan, seorang guru professional mereka harus menguasai empat kompetensi guru, yakni, Komptisi profesiona, Kompetisi Pedagogik, Kompetensi social, dan juga kompetensi keperibadian. Kompetensi ini lah yang akan menjadi penilaian panitia sertifikasi guru layak dan tidak layak untuk menjadi guru yang professional setelah mengikutinya nanti di Pekanbatu.

 

“Tim sertifikasi guru dan Dinas Kabupaten Karimun hanya memberikan arahan dan alur sertifikasi guru. Dinas dan tim sertifikasi guru Kabupaten juga hanya memberikan materi tentang Diklat. Bukan materi diklat namun materi yang harus dipelajari oleh guru dalam Diklat nanti yang diselengarakan di Pekanbaru Riau”,uangkapnya.

 

Ia mengimbau melalui sosisliasi UU dan serifikasi  ini mengajak para guru yang sudah menerima sertifikasi untuk sama-sama meningkatkan kembali mutu pendidikan di Kundur yang kini sudah terpuruk.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: