Kelas Jauh di UNITOMO Atas Kesepakatan Bupati Karimun


Protes mahasiswa kelas jauh yang ada di Kecamatan Kundur akan diselesaikan dan diklarifikasi oleh ke Komisi A DPRD Karimun. Diungkap kuliah jarak jauh di Universitas DR Soetomo (Unitomo) Surabaya di Kecamatan Kundur dapat terjadi karena didasarkan MoU (Memorundum of Understanding/nota kesepahaman) antara bupati Karimun dengan dekan FKIP Unitomo.

Klarifikasi Unitomo Surabaya ke DPRD Karimun ini dituangkan dalam suratnya bernomor OU.553/C.2.04/III/2011  perihal klarifikasi penyelenggaraan program sarjana (S1) Kependidikan Bagi Guru dalam Jabatan (PGJD) Unitomo Surabaya di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun.

Dalam surat yang disampaikan langsung Rubaiz selaku pengelola Unitomo di Kecamatan Kundur menyebutkan, kalau penyelenggaraan program tersebut didasarkan MoU (Memorundum of Understanding/nota kesepahaman) antara bupati Karimun dengan dekan FKIP Unitomo dengan kepala UPTD Kundur tanggal 31 Juli 2010.

“Kita tadi ke DPRD Karimun untuk mengklarifikasi adanya hearing di Komisi A DPRD Karimun pada tanggal 24 lalu. Salah satunya yang kita klarifikasi di antaranya kalau program ini terselenggara karena sudah ada MoU antara Unitomo dengan Bupati Karimun,” ujar Rubaiz yang juga menjabat sebagai Kepala UPTD Kundur kepada Tribun usai menyampaikan surat tersebut ke DPRD Karimun, Senin (4/4).

Berbekal MoU dengan Bupati Karimun tersebut, pihak Unitomo langsung menggelar rapat  kordinasi sosialisasi PGDJ yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan diikuti Unitomo. “Di situ tidak sekalipun disinggung larangan penyelenggaraan PGJD di luar domisili Perguruan Tinggi,” jelas Rubaiz membacakan salah satu butir klarifikasinya.

Klarifikasi juga didasarkan atas hasil konsultasi pihak Unitomo dengan Kepala Biro Hukum Kemendiknas pada 9 Maret 2011. Kordinasi ini terkait penafsiran atas PP 58 tahun 2008 dan Kepmendiknas nomor 015/P/2009, maka Unitomo dapat menyelenggarakan PGJD di luar domisili Jawa Timur.

Mengenai jalinan kerjasama berupa MoU antara Pemkab Kabupaten Karimun dengan Unitomo Surabaya ini ditandai dengan pihak Pemkab dieksekusi langsung Nurdin Basirun dan dari pihak Unitomo langsung ditandatangani Rektor Unitomo Surabaya, Dr.Ulil Albab.

Kerjasama yang diadakan merupakan kerjasama dalam bidang pendidikan. Pihak Unitomo akan membuka cabang di Tanjung Batu Kundur sebagai kelas jauh. Untuk tahap awal, Unitomo akan membuka tiga fakultas, di antaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) dan Fakultas Ekonomi (FE).

Dikutiup dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: