Kepala Dinas Catut Nama Bupati Karimun


Adanya anggaran siluman di sejumlah proyek pemerintah, seperti di Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum, merebak menjadi bola liar. Malah ada sejumlah LSM menduga ada keterlibatan Bupati Karimun Nurdin Basirun yang ikut mendesak agar anggaran yang disebut anggaran siluman itu tetap muncul meski APBD sudah disahkan DPRD.

“Ada dugaan kuat pejabat tertentu mencatut nama pak bupati agar anggaran tersebut dapat dianggarkan. Modusnya, saat anggaran sudah disahkan dewan, lalu pekerjaan sebelumnya yang tidak selesai karena anggarannya kurang, lalu atas alasan perintah pak bupati, tim anggaran merubah dan menambah anggarannya lagi,” ujar Fitra Sukarna, Ketua LSM Gertak (gerakan tanpa kompromi) Karimun kepada Tribun, kemarin.

Pegawai yang masuk dalam tim perumus anggaran di Bappeda dan sejumlah SKPD lainnya mengakui adanya kejadian seperti ini. Pegawai yang minta namanya dirahasiakan mengaku kalau ada desakan pejabat tertentu untuk memasukan satu mata anggaran dengan alasan atas perintah bupati.

“Waktu itu ada satu mata anggaran proyek yang sudah dicoret dewan, tetapi tetap dipaksakan untuk tetap dimasukan. Alasannya, perintah pak bupati,” ungkap sumber tersebut yang wanti-wanti namanya tidak disebutkan.

Perihal ini secara tersirat juga diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Raja Usman. Selain kesalahan administrasi, dia juga mengungkapkan kalau kesalahan penganggaran seperti itu terkadang ada atas permintaan kepala SKPD terkait dengan mengatasnamakan bupati.

“Kadang kebijakan bisa lebih tinggi dari aturan, dan itu bisa saja terjadi. Kalau ada seperti itu saya langsung menegur bawahan saya yang merumuskan anggaran kalau tindakan itu tidak benar, walau pejabat itu mengatasnamakan pak bupati sekalipun,” ungkapnya diplomatis.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: