Serba-Serbi Pelaksanaan UN di Karimun


Memasuki hari kedua berlangsungnya Ujian Nasional di Kundur Kabupaten Karimun belum ada soal yang bocor. Jika ada sekolah yang membocorkan soal Ujian Nasional (UN) akan diberikan sanksi dan di proses sesuai hukum yang berlaku, Selasa (19/4).
Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq saat melihat siswa SMA melaksanakan UN di Kundur. Ia mengatakan, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Karimun dan tidak mencoreng dunia pendidikan jangan ada satu pun sekolah di Karimun yang membocorkan soal UN ini.

Tahun lalu Karimun merupakan daerah di Kepri dengan tingkat kelulusan yang tertinggi. Tentu hal prestasi tersebut harus di pertahankan pemerintah menjaga kualitas pendidikan di Karimun.

Rafiq menuturkan lagi pemerintah dalam hal menjaga kualitas pendidikan, selama soal UN masul di Karimun pemerintah melalui Dinas Pendidikan terus memantau dan mengontrol soal UN agar tidak terjadi kebocoran. Masuknya soalnya UN ke Karimun juga dijaga ketat oleh Kepolisian di Karimun. Hal tersebut untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran.

Soal sejak masuk hingga sampai ke sekolah pihak sekolah dilarang membuka lembaran soal UN. Soal UN terjaga dengan baik, saat masuk ke Kundur masih disegel, hingga masuk ke ruangan anak-anak yang mengikuti UN.

“Karena jika bocor bisa mencoreng pendidikan dan sanksi juga berlaku bagi sekolah tersebut dan tindakan tegas akan dilakukan. Namun kita harus melihat substansi dan persoalan jika ada bocor soal UN,”tutur Rafiq di sela melihat UN di SMA 3 Kundur.

Dua hari berlangsungnya UN, hingga saat ini belum ada siswa di Karimun yang tidak mengikuti UN. Namun di Kundur ada seorang siswa SMK meningal dunia akibat kecelakaan lalu lintas malam minggu.

“Alhamdulilah seluruh anak-anak SMA di Karimun bisa mengikuti UN dengan baik, tidak ada yang sakit, berhalangan selama UN berlangsung,”tambah Rafiq.

Rafik menjelaskan, jumlah sekolah yang mengikuti UN tingkat SMa sebanyak 26 sekolah dengan jumlah siswa 2559 orang se Kabupaten Karimun.

Rafiq juga berharap siswa di Karimun dan kundur bisa memberikan hasil yang terbaik. “Mudah-mudahan siswa di Karimun bisa lulus 100 persen,”harap Rafiqa. Harapan Rafik agar siswa bisa lulus dikarenakan setiap tahun Karimun memiliki tinggkat kelulusan yang terbaik di tingkat Provinsi Kepri.

Rafiq juga mengharapkan agar siswa ini bisa lulus semua, dan mereka bisa melanjutkan ke jejang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: