Dinas Kependudukan Karimun Matangkan Persiapan e-KTP


Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mematangkan persiapan menjelang pemberlakuan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP pada 2012.

“Kami saat ini masih menyosialisasikan teknis pelaksanaan e-KTP kepada para pegawai baik di Dinas Kependudukan (Disduk) maupun di sembilan kecamatan,” kata Kepala Disduk, Capil dan KB Kabupaten Karimun Muhammad Hasbi di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Ia mengatakan terdapat beberapa tahapan yang akan dilakukan agar pemberlakuan e-KTP terlaksana dengan baik, di antaranya menyosialisasikannya kepada masyarakat untuk mengganti KTP SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) menjadi e-KTP.

“Penggantian KTP SIAK menjadi e-KTP akan digratiskan atau tidak dikenakan pungutan. Kasihan warga  kalau dipungut retribusi, apalagi bagi mereka yang KTP-nya belum habis masa berlakunya,” katanya.

Selain sosialisasi kepada masyarakat, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada petugas agar mereka memahami cara kerja pembuatan e-KTP.

Menurut dia, seluruh sarana prasarana pembuatan e-KTP, seperti blanko, “scanner” dan jaringan internet disediakan oleh pemerintah pusat.

“Kami hanya menyiapkan operator dan memastikan pelaksanaannya berjalan lancar. Karena itu, sebelum efektif diberlakukan, kami akan melakukan uji coba terlebih dahulu,” katanya.

Menurut Hasbi, kendala pelaksanaan e-KTP dikhawatirkan terjadi jika jaringan yang terkoneksi di seluruh Indonesia mengalami kemacetan. Hal itu akan berdampak pada lambatnya pengurusan e-KTP.

“Masalah jaringan sepenuhnya disediakan pusat, pihak kabupaten hanya menggunakannya. Kami berharap pusat sejak dini melakukan langkah antisipasi agar tidak terjadi kemacetan,” ujarnya.

Kekhawatiran jaringan macet, menurut dia, pernah terjadi pada sistem jaringan KTP SIAK, terutama di daerah pulau yang jaringannya sering mengalami gangguan.

“Sebagai kabupaten yang terdiri atas pulau-pulau, masalah jaringan sering menjadi kendala dalam pembuatan KTP SIAK. Kami sempat beberapa kali mengganti operator seluler karena masalah jaringan,” katanya.

Dikutip dari Kepri Antara

2 responses to this post.

  1. Posted by yani on August 6, 2012 at 12:33

    Mohon jawaban anda ; pengurusan e-ktp saya diundangan pd tgl 10 agustus di kecamatan meral, saat ini sy berada diluar kota karena tugas dr dinas tmp sy bekerja, apakah ada kelonggaran waktu atau kemudahan spy sy dpt mengurus e-ktp trsbt, Apakah benar dikenakan denda apabila sy terlambat (walau itu gratis)..??? mohon dijawab. terimakasih.

    Reply

    • saya juga di kecmatan meral,
      setau saya sih bisa diganti hari lain mas,
      terserah kapan bisanya…
      kmren ibu saya juga dinas di luar kota,tapi pada saat itu dksitau klo yg namanya ini lage diluar kota,
      kata petugasnya bisa kapan pun kok mas,tinggal datang aja ke kecamtan mas🙂
      dan setau saya ga da denda tuwh..
      demikian infonya semoga membantu🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: