Roro Selat Beliah Diusahakan Beroperasi Secepatnya


Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mengharapkan Pelabuhan Penyeberangan atau Roro Selat Beliah di Kecamatan Kundur Barat beroperasi pada awal 2012.

“Mudah-mudahan awal 2012 sudah beroperasi. Saat ini jalan penghubung menuju pelabuhan tersebut sedang dalam tahap pematangan lahan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Karimun Cendra Nawazir di Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Cendra Nawazir mengatakan, pelabuhan penyeberangan Selat Beliah selesai dibangun pada 2010. Sampai saat ini pelabuhan tersebut belum beroperasi karena jalan penghubung menuju lokasi pelabuhan belum diaspal.

“Kami berharap jalan penghubung tersebut selesai diaspal akhir 2011. Pembangunan jalan penghubung ini merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum. Kami tidak tahu berapa besar anggarannya,” katanya.

Dia menuturkan, pengoperasian pelabuhan penyeberangan Selat Beliah memiliki efek ganda bagi perekonomian masyarakat Pulau Kundur.

Pelabuhan tersebut akan melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Roro Parit Rampak di Pulau Karimun Besar.

“Ini merupakan bagian dari konsep merangkai pulau. Kami berharap mobilisasi penduduk dan aktivitas perdagangan di Pulau Kundur menuju ibu kota Kabupaten Karimun menjadi lebih hidup dan bergairah,” ucapnya.

Menurut dia, Dishub memiliki beberapa program yang sejalan dengan konsep merangkai pulau yang dicanangkan Gubernur Kepri HM Sani. Salah satunya adalah pelabuhan antarpulau Boom Panjang di Jalan Nusantara, Tanjung Balai Karimun yang resmi beroperasi sejak Senin (27/6).

“Meski baru beroperasi, mobilisasi penumpang di Boom Panjang mencapai 2.400 orang per hari. Kami optimistis akan lebih meningkat jika pelabuhan roro Selat Beliah beroperasi,” katanya.

Jalan penghubung yang akan dibangun menuju pelabuhan roro Selat Beliah memiliki panjang sekitar 1,7 kilometer menuju jalan utama di Kecamatan Kundur Barat.

Anggota Komisi III DPRD Kepri, M Yusuf Sirat dalam satu kesempatan mengatakan pengaspalan jalan penghubung tersebut dibangun dengan anggaran APBD provinsi senilai Rp3 miliar.

“Jalan penghubung menuju Pelabuhan Roro Selat Beliah merupakan salah satu prioritas pemerintah provinsi untuk memacu perekonomian Kundur. Anggarannya sudah diplot dalam APBD 2011 dan mudah-mudahan sudah selesai akhir tahun ini,” katanya.

Dikutip dari Kepri Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: