Bupati Karimun Harapkan PLTU Tanjung Sebatak Segera Beroperasi


Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengharapkan mesin pembangkit listrik tenaga uap di Tanjung Sebatak, Kecamatan Tebing segera beroperasi agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan perdagangan bebas.

”Pasokan daya dari mesin PLTU (Tanjung Sebatak) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik dunia usaha sehingga mempercepat pertumbuhan kawasan perdagangan bebas (free trade zone/FTZ),” katanya saat melakukan kunjungan mendadak di lokasi PLTU Tanjung Sebatak, Sabtu.

Nurdin mengatakan pertumbuhan ekonomi di Tanjung Balai Karimun makin pesat sejak PLN mengakhiri pemadaman bergiliran yang berlangsung bertahun-tahun. Namun, penambahan daya mesin pembangkit tenaga diesel di Bukit Carok belum cukup untuk memacu pertumbuhan di FTZ.

”Harapan kami pasokan daya dibantu dengan mesin PLTU ini,” ucapnya.

Bupati, dalam kunjungannya menanyakan rencana pengoperasian dua unit mesin PLTU yang telah diuji coba bulan lalu.

“Uji coba mesin pembangkit sudah berhasil, sekarang dalam tahap ‘finishing’, mudah-mudahan tahun ini beroperasi,” kata salah seorang petugas lapangan PLTU.

Menurut dia, dua unit mesin pembangkit dengan kapasitas 2×7 megawatt (MW) masih dalam tahap pengujian sebelumnya dilanjutkan dengan produksi energi listrik untuk pelanggan.

”Bahan bakarnya sudah kami siapkan dan didatangkan dari Kalimantan,” ucap petugas.

PLTU Tanjung Sebatak merupakan proyek jangka panjang kerja sama PT PLN dengan PT Ekadaya untuk mengakhiri krisis listrik di Pulau Karimun Besar.

Untuk tahap awal PT Ekadaya mengadakan dua unit mesin pembangkit dengan kapasitas 2×7 MW, sedangkan tahap kedua direncanakan juga dua unit dengan kapasitas 2×10 MW.

Selain PLTU Tanjung Sebatak, pasokan listrik untuk dunia usaha di FTZ diharapkan bisa terpenuhi melalui pengadaan mesin PLTU oleh PT Bukit Jantan Power Plan di Sememal, Kelurahan Pasir Panjang.

Menurut Nurdin, untuk pemenuhan kebutuhan di kota Tanjung Balai Karimun tidak ada masalah karena sudah terpenuhi dengan penambahan mesin pembangkit oleh PLN di unit PLTD Bukit Carok.

“Sekarang kita berharap kebutuhan listrik untuk investasi. Investor berfikir dua kali menanamkan modalnya jika tidak ada listrik,” kata Bupati Nurdin Basirun.

Dikutip dari Kepri Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: