KHL di Karimun Capai Rp 1,2 Juta


Hasrat ingin meningkatkan kesehjateraan pekerja sangat besar. Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Karimun yang selama ini selalu di bawah Kebutuhan Hidup Layak (KHL), pada pembahasan UMK untuk tahun 2012 mendatang, para pekerja mengharapkan bisa lebih di atas besaran KHL.

Hal ini diungkapkan Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Karimun, Hanis Jasni, Selasa (4/10). “Sesekali boleh lah UMK di atas KHL. Kita akan memperjuangkan keinginan pekerja ini nanti,” ujar Hanis.

Pembahasan UMK belum lagi dimulai, namun keinginan menggelora para pekerja untuk kesehjatereaan setahun mendatang sudah mulai mengemuka. Salah satu alasannya, jika UMK tidak berpatokan pada KHL, kesehjateraan pekerja akan jauh dari harapan.

Sejak Januari hingga September lalu, besaran KHL yang dihitung rata-rata sudah dapat ditetapkan. Diperkirakan KHL tahun ini mencapai Rp 1,2juta per bulan. Angka KHL ini terbilang tidak mengalami kenaikan dari pada tahun sebelumnya yang juga mencapai Rp 1,2 juta per bulan.

Walau angka KHL tahun lalu setinggi itu, namun akhirnya setelah pembahasan dengan tripartite (pemerintah daerah, pengusaha dan pekerja), UMK yang berhasil diputuskan hanya sebesar Rp 981.000 per bulan.

Sejumlah pihak menilai UMK 2011 sebesar Rp 981.000 tersebut dianggap sudah cukup memuaskan. Berlakunya angka itu dianggap telah mengalami kenaikan sebesar 5 persen dari UMK 2010 yang  sebesar Rp 935.000. Hanya saja setiap tahunnya, UMK selalu ditetapkan jauh di bawah UMK.

Sementara itu di tempat terpisah, perwakilan pengusaha yang disampaikan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karimun, JB Walianto dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Ruffindy belum bersedia menyampaikan komentarnya terkait hasil penetapan KHL untuk pembahasan UMK tersebut.

“Kami belum dapat memberikan komentar lah. Kami masih menunggu rapat dengan tripartit dulu,” ujar JB Walianto yang dihubungi Tribun. Demikian juga dengan Ruffindy kepada masih menyatakan hal senada, masih sedang dirapatkan.

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: