Kisruh Di UK Akhirnya Selesai


Karut marut program studi (Prodi) di Universitas Karimun (UK) tampaknya akan segera berakhir. Abdul Latif, Rektor UK mengaku seluruh mahasiswa sepakat untuk melanjutkan studi mereka dan mengakhiri kisruh tentang prodi tersebut. 

Abdul Latif mengatakan pihaknya bersedia memberikan kompensasi kepada mahasiswa angkatan 2008, 2009 dan 2010 lima prodi bermasalah bebas pembayaran uang perkuliahan dari semester 8 hingga wisuda. Dengan catatan mahasiswa tersebut mengulang kembali.

 
“Sudah ada titik terang, kami dan mahasiswa sudah sepakat untuk mengakhiri kisruh ini. Opsi yang kami tawarkan yakni mahasiswa angkatan 2008, 2009 dan 2010 di lima prodi yang sebelumnya belum mengantongi izin akan diberikan kompensasi yakni bebas membayar uang perkuliahan dari semester 8 hingga wisuda,” ujar Abdul Latif, Rektor UK saat dihubungi Tribunnewsbatam.com, Minggu (11/3/2012).
 
Dengan adanya kesepakatan ini, Abdul Latif mengharapkan situasi kampus UK kembali normal. Para mahasiswa dihimbau untuk kembali mengikuti proses perkuliahan tanpa ada beban. Terkait mekanisme perkuliahannya, Latif mengatakan sama seperti biasa.
 
Hal senada juga sempat diungkapkan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK, Khasirul Fadli kepada Tribunnewsbatam.com belum lama ini. Fadli mengatakan mahasiswa pada lima prodi bermasalah tersebut diminta untuk registrasi ulang, dengan tujuan untuk mendapatkan data pemberian kompensasi. Hanya saja, waktu itu, Fadli mengatakan pihak rektor dan yayasan memberikan kompensasi bebas biaya perkuliahan semester 7.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, lima prodi di UK diketahui belum mengantongi izin dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Pusat saat diselenggarakan pada tahun 2008, 2009 dan 2010.

Ke lima prodi tersebut termasuk prodi favorit di UK dengan jumlah mahasiswa cukup banyak yakni ratusan mahasiswa. Ke lima prodi tersebut antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Luar Biasa (PGLB), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Tekhnik Perkapalan dan Manajemen Kepelabuhan dan Pelayaran (MKP).

 
Akibatnya, seluruh mahasiswa di lima prodi tersebut terancam harus mengulang kembali perkuliahan mereka. Sementara di satu sisi, sebagian dari mahasiswa sudah ada mempersiapkan skripsi atau tugas akhir mereka.

Selain itu, penyelenggaraan ke lima prodi tersebut yang secara kasat mata merugikan, saat ini juga tengah diselidiki Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Karimun. Bahkan tim bentukan Satreskrim sampai harus menyelidiki hingga ke Koperasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X wilayah Sumatera yang berpusat di Padang, Sumatera Barat selaku badan pengawas UK.

 
Namun saat dihubungi melalui telpon selulernya kemarin, Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Memo Ardian Sik belum bisa karena tak mengangkat. Layanan pesan singkat elektronik (SMS) yang dilayangkan juga tak dibalas.
 
Lebih lanjut Abdul Latif mengatakan, permasalahan 5 prodi tersebut hanya sampai pada tahun ajaran 2010 lalu. Itu mengingat tahun 2011, UK sudah mengantongi izinnya dari Dikti.

“Perlu kami garis bawahi, ke lima prodi tersebut izin penyelenggaraannya di Universitas Karimun sudah kami kantongi pada tahun 2011 lalu. Jadi, permasalahannya hanya pada tahun 2008, 2009 dan 2010 bukan sampai sekarang,” ujar Latif.

 

Hal yang sama juga berlaku pada sembilan prodi lainnya, Latif mengaku izinnya juga sudah diperpanjang pada tahun 2012 awal lalu. Ke Sembilan prodi tersebut antara lain Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi dan Akutansi di Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (Fisipol), Informatika, Lanologi dan Elektro di Fakultas Tekhnik serta Budidaya Perairan, Tekhnologi Hasil Perikanan dan Agrobisnis pada Fakultas Perikanan dan Kelauatan (Faprika).

Dikutip dari Tribun Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: